liga arab nabil elarabyKairo, LiputanIslam.com – Liga Arab mengecam serangan militer Turki ke berbagai kawasan utara Irak yang dilakukan dalam beberapa hari terakhir ini dengan dalih menumpas milisi Kurdi Partai Pekerja Turki (PKK).

“Ankara harus menghormati kedaulatan Irak,” seru Sekjen Liga Arab Nabil Elaraby dalam sebuah statemennya yang dirilis, Selasa (4/8), sebagaimana dilansir Misr al-Youm.

Dia mendesak pemerintah Turki supaya mengindahkan prinsip kerukunan hidup bertetangga, perjanjian Ankara – Baghdad, dan kesepakatan kedua negara untuk bekerjasama menjaga keamanan.

Liga Arab juga mengutuk aksi-aksi teror yang ditujukan untuk mengacaukan keamanan negara-negara Timur Tengah. Organisasi negara-negara Arab ini menyerukan optimalisasi koordinasi bilateral untuk memerangi terorisme dan menanggulangi ancaman-ancaman regional.

Berbeda dengan Liga Arab, Uni Eropa (UE) malah menilai serangan Turki terhadap PKK di Irak Utara masih minim sehingga mengimbau Turki supaya meningkatkan serangannya.

Dalam beberapa hari terakhir ini Turki melancarkan serangan udara ke wilayah utara Irak dengan dalih memerangi PKK dan kelompok teroris ISIS, namun dilakukan tanpa koordinasi dengan pemerintah Irak. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL