liga arab nabil elarabyKairo, LiputanIslam.com – Liga Arab Ahad (6/12) mengecam masuknya pasukan militer Turki ke wilayah Irak dan menyebutnya sebagai intervensi secara terbuka dalam urusan internal Irak. Demikian dilaporkan Alyoum7 sembari menyebutkan bahwa Liga Arab mengaku hanya dapat mengeluarkan statemen kecaman tanpa bisa berbuat lebih jauh lagi.

“Apa yang dapat dilakukan oleh Liga Arab hanyalah mengeluarkan statemen kecaman terhadap tindakan Turki ini, dan tidak memiliki kemampuan untuk mencegahnya,” ujar Sekjen Liga Arab Nabil Elaraby.

Dia menambahkan bahwa Dewan Keamanan dan PBB sepakat mengenai tindakan- tindakan yang diperlukan untuk menghentikan intervensi militer tersebut.

Belakangan ini Turki mengirim 600 personil angkatan daratnya ke provinsi Nineveh di bagian utara Irak. Disebutkan bahwa misi pasukan itu ialah melatih pasukan rakyat dan Peshmerga (pasukan Kurdistan Irak) berperang melawan kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Perdana Menteri Irak Haider Abadi Jumat lalu merilis statemen menyatakan bahwa pasukan Turki itu berada di lokasi dekat Mosul, ibu kota Nineveh, dan masuk ke wilayah Irak tanpa seizin dari pemerintah pusat Irak. Karena itu Abadi meminta supaya tentara Turki itu segera angkat kaki dari Irak.

Di pihak lain, Perdana Menteri Turki Ahmet Davutoglu menyatakan militer Turki sudah menjalin koordinasi dengan Kementerian Pertahanan Turki perihal kegiatan tentara Turki tersebut, dan karena itu misi tersebut akan terus dilanjutkan.

Di tengah pernyataan simpang siur ini, ketua komisi keamanan dan pertahanan parlemen Irak Hakim al-Zamili, sebagaimana dilaporkan RT, menyerukan kepada pasukan Irak supaya menyerang pasukan Turki karena telah “menyerbu” wilayah utara Irak.

Menurutnya, masuknya pasukan Turki ke Irak merupakan upaya Ankara menjajaki masuknya pasukan negara-negara lain ke Irak untuk menggantikan posisi kelompok teroris ISIS.

Dia mengimbau komandan umum angkatan bersenjata Irak supaya menurunkan instruksi serangan udara terhadap pasukan Turki jika mereka menolak keluar dari Irak. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL