liga arabKairo, LiputanIslam.com – Para pejabat senior negara-negara Arab yang tergabung dalam organisasi Liga Arab dalam sidangnya di Kairo, Mesir, Rabu (14/1/2015) telah mendiskusikan rencana pembentukan komisi penanggulangan kriris. Demikian dilaporkan situs berita 24 yang berbasis di Uni Emirat Arab berdasar keterangan Haifa Abu Ghazaleh, Kepala Departemen Media dan Komunikasi Liga Arab.

“Instabilitas, ketidak amanan dan konfrontasi di kawasan serta krisis politik dan kemanusiaan yang ada mengharuskan pembentukan komisi seperti ini,” kata Haifa.

Sidang ini dalam sesi pertamanya telah mendiskusi pembentukan komisi ini kemudian membicarakan masalah pembekalannya dengan teknologi terbaru di bidang penghimpunan data dan informasi sebagai bahan pengambilan keputusan dan tindakan proaktif untuk penanggulangan krisis.

Menurutnya, komisi itu antara lain mengemban tugas mengoordinasikan dan menghimpunan gagasan-gagasan yang ada, melaksanakan program-program pendidikan pasukan gabungan negara-negara anggota serta mempelajari mekanisme pengambilan keputusan penanggulangan berbagai krisis yang ada untuk penguatan dan pengkajian jalan-jalan penanggulangan.

Krisis Timur Tengah, termasuk di Irak, Suriah, Lebanon, Libya, Yaman dan belakangan ini serangan teroris kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) di perbatasan Arab Saudi yang menewaskan beberapa pasukan penjaga perbatasan telah mendorong negara-negara anggota Liga Arab untuk mendirikan komisi penanggulangan krisis. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*