dua tentara turkiAnkara, LiputanIslam.com – Dua tentara Turki tewas dan ampat lainnya luka-luka terkena ledakan bom mobil di provinsi Diyarbakir di bagian tenggara Turki yang mayoritas penduduknya bersuku Kurdi, Sabtu malam (25/7). Demikian dilaporkan oleh beberapa media sembari menyebutkan bahwa peristiwa ini terjadi ketika dalam beberapa hari terakhir ini pasukan Turki menyerang beberapa posisi Partai Pekerja Kurdi Turki (PKK).

Disebutkan pula bahwa belakangan ini tentara Turki juga melancarkan serangan terhadap kawanan teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) dan PKK di bagian utara Suriah dan Irak. Serangan ini dilakukan setelah pemerintah Ankara mengizinkan Amerika Serikat (AS) dan pasukan koalisi internasional pimpinan AS menggunakan pangkalan udara Incirlik milik Turki.

Sebelum terjadi serangan Turki terhadap ISIS, berbagai media Arab dan Barat melansir laporan-laporan mengenai bantuan-bantuan yang selama diberikan Ankara terhadap kawanan ISIS untuk memerangi pemerintahan presiden Suriah Bashar al-Assad yang dimusuhi Turki.

Kantor berita AFP menyebutkan dua tentara Turki terbunuh akibat ledakan bom mobil di tenggara Turki, namun tidak disertai keterangan lebih jauh.

Aljazeera melaporkan bahwa pemerintah Turki menuding PKK berada di balik ledakan ini, sementara Reuters menyebutkan bahwa menyusul ledakan ini beberapa jet tempur Turki menyerang posisi-posisi PKK.

Sementara itu, mengenai serangan Turki terhadap ISIS, surat kabar Alwatan terbitan Oman dalam sebuah artikelnya menyebutkan bahwa apa yang dilakukan tentara Turki terhadap ISIS itu belum layak untuk dinilai sebagai keseriusan Turki memerangi teroris ISIS, melainkan lebih merupakan “peringatan bagi anak asuh yang mulai nakal dan membandel”. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL