teroris sinai mesirKairo, LiputanIslam.com – Sumber-sumber kesehatan Mesir menyatakan 15 polisi negara ini menderita luka-luka terkena ledakan bom yang ditujukan terhadap sebuah bus yang mereka kendarai di utara Sinai yang sudah sekian lama menjadi ajang konflik antara pasukan keamanan Mesir dan kelompok-kelompok bersenjata.

Sebagaimana diberitakan AFP, sumber-sumber itu menjelaskan bahwa serangan bom tersebut terjadi di kawasan al-Maidan di pinggiran kota al-Arish dan menerjang bus yang membawa beberapa polisi.

Pejabat keamanan Mesir menyatakan bom itu diledakkan dari jarak jauh.

Pekan lalu terjadi konfrontasi besar di sekitar kota Sheikh Zuweid di utara Sinai di mana pasukan Mesir bahkan menerbangkan jet tempur F-16 untuk menumpas kawanan bersenjata yang melancarkan serbuan secara tiba-tiba terhadap pos-pos tentara dan instansi-instansi kemanan lainnya.

Kawasan utara Sinai sudah sekian lama menjadi sarang kawanan ekstrimis bersenjata. Setiap beberapa saat mereka melancarkan serangan terhadap tentara dan polisi Mesir sejak presiden Mohamed Morsi dikudeta oleh militer pada Juli 2013. Sejauh ini sudah ratusan tentara dan polisi Mesir terbunuh akibat serangan mereka.

Kawanan bersenjata itu menyatakan serangan mereka dilakukan sebagai balasan atas peristiwa penumpasan pendukung Morsi yang menewaskan lebih dari 1400 orang.

Di pihak lain, pasukan Mesir melancarkan operasi militer besar-besaran di utara Sinai untuk menumpas kawanan bersenjata dan mencegah serangan ekstrimis terhadap pasukan Mesir.

Kelompok Wilayat Sinai yang terafiliasi dengan kelompok teroris ISIS menyatakan bertanggungjawab atas sebagian besar serangan mematikan di beberapa kota Mesir, termasuk yang terjadi Rabu pekan lalu kota Sheikh Zuweid. Kelompok itu mengklaim bahwa pada hari tersebut mereka telah menyerang 20 lebih pos militer dan keamanan.

Juru bicara militer Mesir menyatakan sebanyak 21 tentara dan 100 kawanan bersenjata tewas dalam kontak senjata yang terjadi pada hari tersebut., namun para pejabat keamanan Mesir menyebutkan angka yang lebih besar berkenaan dengan jumlah tentara Mesir yang terbunuh. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL