bom saudi di yamanLondon, LiputanIslam.com – Sejak dimulai pada 26 Maret lalu sempai sekarang operasi militer bersandi “Badai Mematikan” yang dilancarkan Arab Saudi dan sekutunya terhadap Yaman telah membombardir berbagai kawasan di Yaman dengan bahan peledak sebanyak lebih dari 600 ton atau hampir setara dengan ledakan seperempat ledakan bom atom yang meluluh lantakkan kota Hiroshima, Jepang. Demikian dilansir media online Arab yang berbasis di London,  Rai al-Youm, Senin (20/4).

Koalisi militer Arab itu mengakui telah melakukan lebih dari 2,300 kali penerbangan jet tempur canggih.

Negara-negara yang terlibat dalam operasi ini adalah Arab Saudi dengan mengerahkan F-15 buatan Amerika Serikat (AS) dan jet Tornado buatan Inggris, Uni Emirat Arab dengan F-16 buatan AS dan Mirage 2000 buatan Perancis, Kuwait dengan F-18 buatan AS, Qatar dengan Miraga 2000, serta Yordania dan Maroko dengan F-16.

Semua jet tempur itu merupakan generasi terkini dan tercanggih buatan AS, kecuali F-35 yang masih belum dijual AS kepada negara-negara Arab Teluk Persia.

F-15 Saudi melesatkan rudal AIM-120 dan AIM-7, sementara F-16 meluncurkan rudal dan bom-bom serupa dengan berat 900 kg semisal Mark 84, serta bom Mark 83 seberat 450 kg dan bom Mark 83 seberat 225 kg.

F-18 membawa membawa rudal dan bom-bom serupa, antara lain rudal-rudal kecil Hydra dan rudal Taurus.

Yaman terhitung sebagai negara Arab kedua setelah Irak yang menjadi sasaran gempuran jet-jet tempur canggih.

Pasukan koalisi Arab telah melakukan penerbangan lebih dari 2,300 kali. Sekali penerbangan sama dengan penembakan satu rudal atau penjatuhan satu bom dengan berat rata-rata 270 kg. Secara keseluruhan, bom dan rudal yang digunakan mulai seberat 50 kg hingga 900 kg.

Menurut Rai al-Youm, serangan udara Saudi dan sekutunya telah menjatuhkan sedikitnya lebih dari 600 ton bahan peledak di bumi Yaman sehingga hampir setara dengan ledakan seperempat ledakan bom atom yang dijatuhkan AS di kota Hiroshima, Jepang, dalam Perang Dunia II pada Agustus 1945. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL