Mikras, LiputanIslam.com –  Gerakan Ansarullah (Houthi) dan sekutunya mengerahkan pasukan dalam jumlah besar di kota Mikras, provinsi Baida, Yaman tengah, sebagai persiapan untuk bergerak ke kota Ludar, provinsi Abyan di bagian selatan negara ini.

Pengerahan pasukan ini dilakukan beberapa jam setelah kelompok teroris al-Qaeda melancarkan serangan masif ke Ludar dari arah utara dan barat dengan menggunakan senapan mesin ringan dan peluru RPG.

Penduduk setempat mengatakan bahwa Ansarullah dan pasukan loyalis mantan presiden Ali Abdullah Saleh mengerahkan pasukan untuk merebut lagi kota Ludar setelah mereka terdesak keluar dari sana oleh pasukan loyalis presiden tersingkir Abd Rabbuh Mansour Hadi pada tahun 2015.

Menurut penduduk, Ansarullah dan sekutunya akan bergerak ke Ludar setelah pasukan Mansour Hadi keluar dari kota ini pada Rabu dan Kamis lalu hingga kemudian pasukan adat setempat berperang melawan al-Qaeda.

Mikras yang dikuasai oleh Ansarullah bersebelahan dengan Ludar yang dikuasai oleh pasukan Hadi, dan dibatasi hanya oleh sejumlah desa terpencil di balik Gunung Tsarah yang masyhur.

Mikras merupakan satu-satunya kota yang dikuasai aliansi Ansarullah-Saleh di provinsi Abyan. Dalam beberapa hari terakhir ini al-Qaeda melakukan pergerakan signifikan di Ludar setelah pasukan Hadi mundur dari sana akibat intensitas serangan al-Qaeda.

Sementara itu, satu tentara Uni Emirat Arab dilaporkan terbunuh dalam sebuah pertempuran di Yaman, tapi jelas bagaimana dan di wilayah mana tentara itu terbunuh. (mm/raialyoum/irna/wam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL