robot tempur iran2Jask, LiputanIslam.com – Sebagai negara yang merasa banyak musuhnya karena membawa misi perlawanan terhadap hegemoni kekuatan-kekuatan imperialis dunia, Republik Islam Iran tampak tak kenal lelah dalam mengembangkan alutsista.

Memasuki hari kedua latihan perang bersandi “Rasul al-A’dham” (The Great Prophet/Nabi Besar saw) ke-9 yang digelar di kawasan perairan strategis Selat Hormuz yang merupakan gerbang Teluk Persia pasukan elit Iran Garda Revolusi Islam (Pasdaran/IRGC) Kamis (26/2/2015) memperlihatkan alat perang baru berupa robot petempur dan robot pengintai.

Robot-robot militer itu diperlihatkan dalam latihan perang yang berlanjut di Jask, sebuah kota pelabuhan di bagian tenggara Iran yang menghadap ke Selat Oman.

Menurut laporan Tasnimnews , dalam latihan perang yang melibatkan Divisi 10 Pasukan Darat IRGC tersebut ada dua jenis robot tempur yang dikerahkan, satu di antaranya robot pengintai yang dilengkapi kamera termal untuk zona operasi sejauh 5 km, dan yang lain adalah robot petempur yang dilengkapi dengan senapan mesin kaliber 7.62 mm yang berkemampuan menghancurkan target sejarak hingga 5 km.robot tempur iran

Pada hari pertama latihan perang, Pasukan Laut IRGC berlatih dan berhasil menggempur target berupa replika kapal induk Amerika Serikat yang dibuat sesuai ukuran aslinya. Republika itu hancur disasak misil dan roket yang diluncurkan oleh puluhan perahu cepat IRGC.

Dalam beberapa tahun ini Iran telah mencetak prestasi-prestasi besar di sektor pertahanan dan berhasil mencapai status mandiri dalam produksi alutsista utama.
Para pejabat Teheran berulang kali menegaskan bahwa program-program militer dan persenjataan Iran semata-mata untuk tujuan pertahanan dan sama sekali tidak dimaksudkan untuk mengancam negara lain.

latihan tempur iran

Tentara Iran berlatih menggempur replika kapal induk AS yang dibuat sesuai ukuran aslinya di Selat Hormuz, 26 Februari 2016.

(mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL