اختبار قنابل متطورة في مناورات "فدائیو حریم الولایة"Teheran, LiputanIslam.com –   Di hari kedua dan terakhir manuver atau latihan perang bersandi “Fadaeeyan-e Harim-e Velayat 5” (Pejuang Zona Udara Wilayatul Fakih) berhasil mengujicoba berbagai jenis bom canggih dan pintar.

Kantor berita IRNA melaporkan bahwa dalam latihan perang itu pasukan udara berhasil menembak sasaran udara dan darat, baik berupa obyek diam maupun bergerak, dengan berbagai jenis bom dan roket pintar dari jet tempur milik Angkatan Bersenjata Iran.

Latihan perang ini berlangsung di kawasan seluas 400,000 km persegi di provinsi Isfahan di bagian tengah Iran serta melibatkan berbagai jenis jet tempur pemburu dan pengebom milik Angkatan Bersenjata Iran, termasuk jet tempur Saeqeh (Halilintar) buatan Iran sendiri, MIG-29, C-130, F-4, F-5, Sukhoi 24, dan F-14.

Dilaporkan bahwa dua jet tempur Angkatan Bersenjata Iran berhasil menghancurkan sasaran-sasaran berupa pangkalan dan sarana infrastruktur dengan bom berpandu laser dan bom berkendali elektro-optik serta bom pintar lain anti radar.

Di bawah tekanan sanksi negara-negara Barat dan sekutunya di dunia, Iran justru berhasil mengembangkan talenta domestiknya secara mencengangkan untuk menggalang kekuatan militer, sehingga rutin menghasilkan produk-produk baru di bidang militer.

29 Agustus lalu Komandan Basis Pertahanan Udara Khatam al-Anbiya, Farzad Esmaili, mengungkap sistem pertahanan udara utamanya yang bernama Talash-3.

Wakil Komandan Angkatan Udara Iran Alireza Barkhor menegaskan pihaknya tidak akan ragu-ragu memberikan respon mematikan terhadap siapa pun yang melanggar perbatasan udara Iran.

Desember lalu  Farzad Esmaili menyebutkan Iran telah mengingatkan pesawat nirawak U-2 milik AS. Saat itu sistem rudal Iran sudah siap menembak  pesawat yang akan melanggar itu, tapi pesawat itu kemudian berputar menjauhi perbatasan setelah mendapat sinyal peringatan.

Tahun lalu Iran menembak jatuh pesawat nirawak yang disebut-sebut milik Israel. Sebelum itu Iran juga berhasil menangkap pesawat nirawat lain milik AS dalam kondisi cidera. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL