Larijani2Teheran, LiputanIslam.com – Ketua Parlemen Iran Ali Larijani menyatakan negaranya membantu pihak Kurdi dan pihak Sunni Irak serta bangsa Suriah memerangi kelompok teroris takfiri Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS). Dia juga menegaskan bahwa negaranya tidak akan pernah membiarkan kelompok radikal dan brutal itu mencoba mendekati perbatasan Iran.

Sebagaimana dilaporkan Alalam, hal tersebut dinyatakan Larijani dalam acara pembukaan pameran pers dan 20 kantor berita di Teheran, Sabtu (8/11). Dia mengatakan bahwa bantuan itu juga dalam rangka kemanusiaan sekaligus demi memenuhi interes keamanan Iran sendiri.

“Iran telah memberikan bantuan kepada Suriah dengan tujuan yang sama, dan bukan seperti yang didengungkan oleh sebagian orang bahwa bantuan itu diberikan karena ada penduduknya yang menganut Alawiyyin. Buktinya, Iran juga memberikan bantuan kepada saudara-saudara sendiri di Irak tanpa membedakan antara Sunni dan Kurdi,” ungkapnya.

Sementara itu, laporan lain dari Sumaria menyatakan bahwa berdasarakan keterangan dari narasumber keamanan Irak yang enggan disebutkan namanya, dua tokoh ISIS, Abu Muhand al-Suwaidi dan Abu Zahra al-Muhammadi yang masing-masing disebut kelompok ini sebagai “wali Anbar” dan “wali Furat” serta 10 komandan ISIS lainnya tewas terkena serangan pasukan koalisi di distrik Qaim, provinsi Anbar, Irak, Sabtu (8/11).

Dalam peristiwa lain, menurut keterangan Kementerian Pertahanan Irak, petinggi militer ISIS di kawasan Saadiyah yang memiliki julukan Abu Bilal dan 25 anak buahnya juga tewas diterjang serangan udara pasukan Irak di provinsi Diyala.

Bersamaan dengan ini, militer Amerika Serikat menyatakan jet tempurnya telah menyasak dan menghancurkan sebuah konvoi 10 mobil yang diduga sebagai iring-iringan petinggi ISIS di sebuah area dekat kota Mosul. Para pejabat AS menyatakan tidak tertutup kemungkinan di dalam konvoi itu terdapat pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL