London, LiputanIslam.com –  Laksamana purnawirawan Inggris, Lord Alan West, mengaku bahwa dalam posisinya sebagai orang yang mengerti dunia militer sangat keberatan terhadap tuduhan bahwa tentara Suriah menggunakan senjata kimia di Ghouta Timur yang sudah pasti segera jatuh ke tangan mereka.

“Tampak sangat menggelikan bagi militer yang dalam proses mengambil alih suatu daerah pergi dan melakukan sesuatu dengan senjata kimia, yang akan menarik kemarahan musuh yang lebih besar terhadap mereka,” katanya, Jumat (13/4/2018), seperti dilansir RT.

Dia menegaskan bahwa Inggris harus dapat menghimpun bukti-bukti tak terbantahkan bahwa serangan kimia itu dilakukan oleh pasukan Assad.

“Jika kita tidak dapat memastikannya maka ini merupakan kesalahan dalam penanganan masalah ini. Sedangkan jika kita memiliki bukti penggunaan senjata kimia terhadap rakyatnya maka ini jelas merupakan pelanggaran terhadap kesepakatan larangan senjata kimia dan patut dikecam,” ujarnya.

Sebelumnya, Kemhan Rusia mengaku memiliki bukti-bukti keterlibatan Inggris secara langsung dalam mengatur provokasi isu penggunaan senjata kimia di Douma pada 7 April lalu. (mm/rt)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*