palestina pohon zaitunNablus, LiputanIslam.com – Warga Zionis kembali bertindak anarkis dan brutal dengan cara menebangi pohon-pohon zaitun yang menjadi sumber mata pencaharian sebagian warga Palestina.

Kantor berita Palestina, Maan, melaporkan bahwa massa yang terdiri atas para pemukim Zionis Senin (6/10) menyerbu area perkebunan dan pertanian di desa Yasuf, Burin, dan Aorta di selatan kota Nablus, Tepi Barat, serta menebahon pepohonan zaitun.

“Warga pemukim di permukiman Tafuh telah menebang sebanyak 100 pohon zaitun milik para petani di desa Yasuf,” ujar Ghassan Daghlas, pejabat otoritas Palestina bidang permukiman di bagian utara Tepi Barat.

Dia menambahkan, “Sekelompok massa pemukim Zionis lainnya juga menyerbu tanah-tanah pertanian di desa Burin dan desa Aorta. Selain menjarah harta benda para petani setempat, mereka juga menebang 35 pohon zaitun.”palestina pohon zaitun2

Untuk diketahui, merusak ladang dan kebun warga Palestina sudah lama menjadi salah satu cara kaum Zionis untuk mengusir penduduk Palestina dan kemudian mendirikan permukiman-permukiman baru di tanah warga Palestina, di Tepi Barat maupun di Jalur Gaza.

Banyak petani Palestina terpaksa mengganti tanaman di ladang-ladang mereka dari pohon Zaitun ke gandum, karena pohon-pohon zaitun mereka sudah dibuldozer oleh Israel selama beberapa tahun terakhir. Meski demikian, tanaman gandumpun tak jarang mereka rusak sehingga sebagian petani terkadang terpaksa memanen lebih awal sebelum dirusak.

28 April lalu pemukim Israel menebangi lebih dari 150 pohon di desa Huwwara, utara Nablus. Sehari kemudian aksi serupa juga mereka lakukan terhadap 60 pohon zaitun lainnya.

Januari lalu, Lembaga Solidaritas Hak Asasi Manusia (HAM) dalam laporan tahunannya menyatakan bahwa diperkirakan sebanyak 8,000 pohon yang sebagian di antaranya berusia ratusan tahun, telah dirusak dan dihancurkan sama sekali oleh orang-orang Israel.

“Para pemukim Israel menyerang dengan cara mencerabut, membakar dan menebangi pepohonan Zaitun… Mereka juga membanjiri pepohonan dengan air limbah dari area permukiman,” ungkap LSM tersebut.palestina pohon zaitun3

Israel tercatat telah menghancurkan sebanyak 800,000 pohon di berbagai wilayah pendudukan Palestina sejak tahun 1969. Para petani di Jalur Gaza setiap kali berusaha memenuhi kebutuhan sehari-harinya juga selalu terancam nyawanya oleh keberadaan para sniper Israel.

Berbagai lembaga peduli HAM menyatakan gangguan Israel terhadap keluarga-keluarga petani di Gaza tersebut mencerminkan besarnya pelanggaran Israel terhadap HAM. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL