serangan rusia di suriah04Roma, LiputanIslam.com – Koran Italia La Repubblica mengutip komentar Yaakov Kedmi, mantan pejabat badan intelijen Israel Nativ, bahwa keberhasilan serangan Rusia terhadap kelompok teroris ISIS berarti kekalahan AS.

“Kemenangan Rusia dalam perang melawan ISIS berarti kekalahan Washington dan ini menunjukkan kepada semua orang bahwa angkatan bersenjata Rusia lebih efektif daripada tentara AS,” katanya.

Dia menambahkan, “AS mengecam sepak terjang Rusia untuk memusnahkan ancaman para teroris di Suriah, sebab Moskow mengungkap keterbatasan kekuatan AS.”

La Repubblica memperkirakan pada beberapa pekan atau bulan mendatang negara-negara Timur Tengah akan mengambil keputusan-keputusan tertentu di mana sebagian akan mencari kerjasama-kerjasama baru.

Pasukan udara Rusia menghajar kelompok-kelompok teroris di Suriah sejak sekitar 20 hari lalu atas permintaan pemerintah Damaskus.
Suriah dan beberapa negara lain menilai serangan Rusia efektif dalam perang melawan teroris. Ada yang menyebutkan bahwa dalam hitungan minggu itu Rusia berhasil mengeruk prestasi yang tak didapat oleh AS dalam operasinya di Suriah yang dilakukan tanpa koordinasi dengan Damaskus.

Di kancah politikpun, sepak terjang AS untuk mengatasi krisis Suriah sesuai agenda Washington juga tidak menelorkan hasil apapun. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL