sunni-syiah kuwait

Shalat Jumat bersama Sunni-Syiah di Kuwait

KuwaitCity, LiputanIslam.com –  Kementerian Pendidikan dan Tarbiyah Kuwait, Selasa (22/11/2016), mengumumkan bahwa konten-konten anti Syiah akan dihapus dari buku pelajaran di negara ini.

“Demi menjaga suasana menguatnya persatuan nasional dan melawan radikalisme, konten-konten anti Syiah dan berbau sektarianisme akan dihapus dari buku-buku pelajaran sekolah negara ini,” ungkap Menteri Pendidikan dan Tarbiyah Kuwait  Bader al-Issa dalam sebuah festival keterpilihan Kuwait sebagai ibu kota kebudayaan Dunia Islam.

Dia menegaskan bahwa Kuwait berjuang memperkuat persatuan antarmazhab Islam di negara ini, terutama di tengah kerawanan suasana sentimen sektarianisme di Timteng, dan dalam rangka ini pula pemerintah Kuwait bermaksud menciptakan iklim moderat dan terjauh dari radikalisme dalam dunia pendidikan.

Sudah sekian lama warga Syiah yang jumlahnya cukup besar di Kuwait mengeluhkan adanya konten anti Syiah dalam buku pelajaran sekolah menengah atas di negara ini, dan sekarang keluhan itu mendapat respon dari pemerintah.

Dalam pameran buku Kuwait tahun ini para aktivis hukum Kuwait mengecam masuknya buku-buku cetakan penerbit-penerbit Salafi/Wahabi anti Syiah dalam pameran.

Diduga bahwa masuknya buku-buku anti Syiah dalam pameran itu erat kaitannya dengan keberadaan para oknum para pejabat berhaluan Salafi/Wahabi di Kementerian Wakaf Kuwait.

Meskipun merupakan salah satu anggota Dewan Kerjasama Teluk (GCC), Kuwait terlihat konsisten menjaga jarak dari gerakan sektarianisme yang dikembang oleh Arab Saudi.

Pada masa kampanye pemilu parlemen Kuwait tahun inipun, para kandidat yang bersaing juga tampak berhati-hati dan menjauhi isu-isu sentimen mazhab dan golongan. Mereka memilih memfokuskan perhatian pada isu politik dan ekonomi.

Warga Syiah di Kuwait tercatat sebagai kalangan minoritas namun cukup berpengaruh dalam iklim politik dan ekonomi negara ini serta menjalin hubungan yang sangat baik dengan keluarga kerajaan. (mm/alrai)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL