KuwaitCity, LiputanIslam.com –  Pengadili Kuwait mulai menyidangkan empat orang yang berafiliasi dengan kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) dan bermaksud meledakkan bangunan Husainiyah di Kuwait.

Husainiyah adalah tempat warga Muslim Syiah menyelenggarakan peringatan dan berbagai kegiatan keagamaan, terutama peringatan kesyahidan cucunda Rasulullah saw, Imam Husain bin Ali bin Abi Thalib ra.

Dilaporkan bahwa empat orang itu tergabung dalam satu regu teroris yang semuanya adalah warga negara Kuwait sendiri. Rencana mereka untuk melakukan kejahatan tercium oleh aparat keamanan dan lalu ditangkap dalam beberapa tahap.

Satu di antara empat orang itu adalah pemimpin regu yang berhasil  kabur ke Filipina, namun aparat Kuwiat lantas bekerjasama dengan aparat Filipina sehingga  dia dibekuk di Filipina lalu diekstradisi ke Kuwait.

Satu orang lagi diantaranya diringkus melalui pengerebekan petugas keamanan Kuwait di kawasan Saad Abdullah.

Pihak pengadilan memerintahkan supaya semua tersangka itu ditahan dan jangan sampai dilepas meskipun dengan jaminan.

Otoritas keamanan Kuwait telah menerapkan sistem keamanan ekstra ketat untuk mengantisipasi ulah para teroris di berbagai titik strategis negara ini, termasuk dengan mengoperasikan perangkat-perangkat canggih untuk mengidentifikasi aksi-aksi mencurigakan dari para ekstrimis. Meski demikian, para anggota ISIS tetap mencoba menyusup ke Kuwait untuk melancarkan serangan teror.

Kemendagri Kuwait menyatakan pihaknya menjalin komunikasi intensif dan pertukaran informasi dengan pihak Suriah dan Irak untuk mengidentifikasi pelarian anggota ISIS.

“Para pelarian anggota ISIS dalam beberapa pekan terakhir ini telah mengubah tampilan wajahnya, menggunakan paspor palsu, kabur dari medan pertempuran, dan menyusup ke negara-negara sekitar Irak,” ungkap Kemendagri Kuwait.

Para anasir ISIS itu dilaporkan sangat rapi dan detail dalam membuat paspor palsu. Mereka juga mencukur cambang mereka dengan harapan bisa lebih mudah masuk ke negara-negara jiran Irak.  Sejauh ini polisi Kuwiat berhasil meringkus beberapa orang di antara mereka. (mm/irna)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL