كردستان تحفر خندقا يبدأ من حدود سوريا وينتهي بحدود ايرانAnkara, LiputanIslam.com – Kurdistan Irak kembali menunjukkan gelagat yang tak lazim pasca serangan militan Daulah Islam Irak dan Suriah (ISIS) ke wilayah utara Irak. Kementerian Peshmerga Jumat (11/7) mengumumkan bahwa Kurdistan telah menggali parit di sepanjang perbatasannya dengan wilayah-wilayah yang telah ditinggal oleh pasukan Irak, yakni dari kawasan Rabiaa yang berbatasan dengan Turki di provinsi Nineveh hingga perbatasan Irak dengan Iran di kawasan Jalawla, provinsi Diyala.

“Wilayah Kurdistan memulai proyek penggalian parit di perbatasan antara Arbil dan Mosul dan sekitar Kirkuk dan Dahuk sedalam antara dua sampai tiga meter,” ujar Sekretaris Jenderal Kementerian Peshmerga, Jabar Yawar, sebagaimana dikutip al-Alam berdasar laporan kantor berita Turki, Anadolu, Jumat (11/7).

“Parit diadakan dengan tujuan menghambat serangan teroris yang mengarah ke wilayah Kurdistan dengan tujuan mengacaukan keamanan dan pemerintahan,” lanjut Yawar sembari menambahkan bahwa di sepanjang parit juga akan dipasang kawat berduri.

Dia juga menjelaskan, “Rute parit akan dimulai dari kawasan perbatasan Rabiaa dengan Suriah di provinsi Nineveh lalu melintasi kawasan-kawasan Zaman, Sheikhan, Bartella, Bashiqa, Hamdania, Makhmur dan Kuwayr di provinsi yang sama, kemudian Dabas dan Tuz Khormato di provinsi Kirkuk, dan Kifri, Qarah Taba dan Jalawla di provinsi Diyala dan berlanjut hingga perbatasan Iran,” imbuhnya.

Khawatir dinilai berlebihan, Yawar menjelaskan bahwa parit sepanjang itu digali “bukan dengan tujuan mendirikan kawasan terpisah”. Dia juga menegaskan bahwa parit itu tidak akan menjadi penghalang bagi kedatangan pengungsi; wilayah Kurdistan tetap siap menerima kedatangan mereka.

Belakangan ini pemerintah otonomi Kurdistan Irak berulangkali melontarkan wacana disintegrasi Kurdistan dari Irak sehingga mengundang kecaman dari dalam dan luar negeri. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL