irak anti senjata kimiaArbil, LiputanIslam.com – Ketua Departemen Hubungan Luar Negeri Kurdistan Irak, Falah Mustafa Bakir, meminta semua pihak yang berkompeten serius mengantisipasi ancaman senjata kimia kelompok teroris takfiri ISIS. Dia juga berharap Iran dapat memberikan bantuan dalam masalah ini.

“Kurdistan Irak akan menyambut baik bantuan Iran dalam masalah ini. Iran selalu menjadi bagian dari sahabat kami, dan kami juga menyambut baik segala perkembangan dalam hubungan ini,” katanya kepada IRNA di Arbil, Kurdistan Irak, Kamis (3/9), usai pertemuan dengan pejabat Kementerian Budaya dan Bimbingan Islam Iran.

Dia menambahkan, “Sebagaimana telah diumumkan oleh Dewan Keamanan Kurdistan, ancaman penggunaan perangkat kimia oleh ISIS sangatlah serius, dan kami meminta kepada seluruh sahabat kami supaya memberikan bantuan dalam masalah ini.”

Dia menilai Iran sebagai negara yang sangat berpengalaman dalam pemberantasan senjata kimia.

“Karena itu, sebagaimana dulu, sekarangpun kami berharap Iran membantu kami untuk mengantisipasi ancaman ini,” katanya lagi.

Belakangan ini beberapa kali dilaporkan adanya bukti-bukti bahwa ISIS menggunakan senjata di beberapa zona pertempuran kelompok teroris terkejam di dunia itu dengan pasukan Kurdi Irak, Peshmerga. Karena itu, pemerintah semi-otonomi Kurdistan Irak merilis statemen berisikan permohonan bantuan perlengkapan untuk mengantisipasi serangan senjata kimia kepada semua pihak yang berkompeten. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL