masoud barzani irakArbil, LiputanIslam.com – Presiden wilayah otonomi Kurdistan Irak, Masoud Barzani, menyatakan pihaknya siap melatih relawan Kristen untuk ikut memerangi kelompok radikal Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

“Otonomi Kurdistan siap memberikan pelatihan militer kepada relawan Kristen untuk memerangi kelompok teroris ISIS bersama pasukan Peshmerga,” ujar Barzani dalam pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Lebanon, Gibran Bassil, di Arbil, sebagaimana dilansir situs al-Quds al-Arabi, Selasa (19/8).

Barzani juga menegaskan bahwa pemerintah otonomi Kurdistan terus mengerahkan segenap upayanya untuk memenuhi kebutuhan para pengungsi Kristen.

Dia juga meminta kepada para pengungsi Kristen untuk tidak berangan-angan mengungsi ke luar negeri dan pergi meninggalkan tanah airnya sendiri, karena ancaman teroris ini hanya bersifat sementara. Dia memastikan bahwa para teroris akan segera terusir dari Irak.

“Kurdistan akan kembali hidup tentram dan bebas atau justru mati bersama dengan seluruh elemen bangsa Irak,” tegasnya.
Seperti diketahui, belakangan kelompok teroris ISIS melancarkan serangan ke beberapa distrik yang mayoritas penduduknya Kristen di Irak utara. Serangan ini menyebabkan penduduk Kristen berhamburan mengungsi ke wilayah Kurdistan dalam keadaan yang sangat mengenaskan. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL