Baghdad, LiputanIslam.com – Mufti Ahlussunnah Waljamaah Irak Syeikh Mahdi al-Sumaidai telah menerima kunjungan komandan Pasukan Quds Korps Garda Revolusi Islam Iran (IRGC) Brigjen Qasem Soleimani di sebuah masjid di pusat kota Baghdad, Selasa (4/12/2018).

Jenderal Soleimani adalah sosok pejuang yang malang melintang di berbagai kota Irak antara tahun 2014 hingga 2017 untuk memerangi kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS). Sepak terjangnya yang sebagian besar bersifat rahasia itu berkurang drastis setelah penumpasan ISIS selesai, dan sejak Mei lalu dia baru muncul lagi untuk pertama kalinya pada Selasa kemarin.

Kepada kantor berita Turki Anadolu sumber anonim di Lembaga Fatwa (Darul Ifta’) Ahlussunnah Waljamaah, Selasa, mengatakan, “Mufti Yang Mulia hari ini di Masjid al-Tabul bertemu dengan komandan Pasukan Quds Iran, Qasem Soleimani, dan wakil ketua pasukan relawan al-Hashd al-Shaabi, Abu Mahdi al-Muhandis.”

Dia menambahkan, “Dalam pertemuan ini telah dibahas hubungan bilateral, dan penegasan atas pentingnya koordinasi keamanan demi mencegah kedatangan kembali kawanan teroris ISIS… Pertemuan ini juga membahas masalah politik berkaitan dengan perampungan pembentukan pemerintah Irak.”

Lembaga fatwa Sunni Irak dalam statemennya tentang ini menyebutkan bahwa dalam pertemuan ini Jenderal Soleimani telah memberikan cendera mata kepada Syeikh al-Sumaidai berupa replika pedang Zulfikar sebagai simbol tekad dan keyakinan menuju pembebasan tanah Palestina dari pendudukan kaum Zionis Israel.

Sejauh ini masih terdapat ratusan unsur militer Iran di berbagai wilayah Irak. Pihak Baghdad mengatakan bahwa misi mereka hanya sebatas memberikan asistensi militer.

Para pengamat mengatakan bahwa Soleimani berperan dalam percaturan politik dan keamanan di Irak bahkan sejak tergulingnya diktator Irak Saddam Hossein pada tahun 2003 yang disusul oleh berdirinya pemerintahan yang dikendalikan oleh kelompok-kelompok yang menjalin hubungan erat dengan Iran. (mm/raialyoum/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*