Kairo, LiputanIslam.com –  Ketua Aliansi Nasional Irak Sayyid Ammar al-Hakim dalam pertemuan dengan Grand Syeikh al-Azhar, Syeikh Ahmad al-Tayib, di Kairo, ibu kota Mesir, menekankan keharusan merajut dialog lintas mazhab, penguatan gerakan moderat, dan kerjasaama antar kelompok moderat  melawan radikalisme.

Dia juga menekankan pentingnya kerjasama erat antara Hauzah Ilmiyyah Najaf dan Universitas al-Azhar.

“Menghadang paham-paham menyimpang yang mencemarkan dan mendistorsi citra Islam merupakan bagian dari kewajiban semua lembaga keagamaan yang mengikuti Islam yang benar,” katanya.

Mengenai perang melawan kelompok teroris ISIS di Irak, al-Hakim memastikan negaranya sudah berada di ambang kemenangan final berkat perjuangan rakyat Irak dari semua mazhab dan golongan.

Ammar al-Hakim yang memimpin faksi politik terbesar di Irak ini berkunjung ke Mesir dalam rangka memenuhi undangan resmi para pejabat Mesir. Dia tiba di Kaior Selasa lalu dan bertemu dengan presiden, menteri luar negeri, dan para petinggi Mesir lainnya.

Dalam wawancara dengan ONTV-Live dia menegaskan keharusan adanya dialog antara Iran dan Arab, dan Arab hendaknya tidak memandang Iran sebagai negara musuh.

“Pintu-pintu dialog langsung antara Teheran dan negara-negara Arab harus dibuka,’ katanya.  Dia menambahkan negaranya siap menengahi dialog Arab dengan Iran jika diminta.

Dalam jumpa pers di Kedubes Irak di Kairo Rabu lalu yang ditayangkan oleh channel-channel Mesir dan TV Alarabiya al-Hakim juga mengaku telah mengusulkan penyelenggaraan konferesi regional yang melibatkan semua negara yang berpengaruh di Timteng.

“Kawasan ini perlu penyelesaian atas konfliknya melalui dialog antarnegara poros dan besarnya, termasuk Saudi, Mesir, Turki, dan Iran,” katanya.

Kantor Ammar al-Hakim di Baghdad dalam statemennya menyebutkan bahwa al-Hakim dalam pertemuan dengan Presiden Mesir Abdel Fattah el-Sisi telah mengusulkan pembentukan aliansi strategis kedua negara di bidang keamanan, politik, dan ekonomi demi kepentingan kedua bangsa. (mm/irna/alyoum7/alarabiya)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL