Raqqah, LiputanIslam.com –   Pasukan Arab Suriah (SAA), Rabu (23/1/2019), menemukan sebuah kuburan massal berisi kerangka para anggotanya telah dieksekusi oleh kelompok teroris “al-Jaish al-Hurr” (Pasukan Kebebasan) di daerah pinggiran kota Raqqah pada tahun 2013.

Sumber militer kota Tabqa di pinggiran Raqqah mengatakan kepada Sputnik milik Rusia bahwa pihak berwenang telah menemukan kuburan massal yang berisi kerangka sejumlah tentara Suriah di desa Sherida Barat di pinggiran Raqqah.

Kepada kantor berita yang sama satu sumber medis mengatakan bahwa identitas tujuh kerangka telah dikeluarkan dari kuburan massal dan diketahui sebagai anggota aparat keamanan militer Suriah di Raqqah.

Menurut sumber ini, dari pemeriksaan awal diketahui bahwa para korban itu telah disiksa secara brutal sebelum dipenggal kepalanya, dan bekas-bekas penyiksaan terlihat terutama pada tubuh Thabit Ali, salah satu tentara yang ditemukan dalam kondisi jenazahnya masih utuh.

Para korban itu diketahui menjadi korban eksekusi pada Maret 2013, dan karena itu utuhnya kondisi jenazah itu  tercatat sebagai fenomena langka.

Sumber itu menekankan bahwa pemeriksaan forensik dan laboratorium akan memberikan jawaban atas penyebab fenomena ini, termasuk menyangkut dugaan bahwa teroris telah melumur jenazah itu dengan bahan kimia pengawet.

Pada 4 Maret 2013, sejumlah besar teroris Jabhat al-Nusra yang memimpin kelompok al-Jaish al-Hurr menyerang Raqqah dan membuatnya menjadi kota pertama yang lepas dari kendali negara Suriah dan  kemudian menjadi ajang pembantaian mengerikan terhadap tentara dan warga sipil Suriah.

Pada tahun 2014, pengaruh kelompok teroris ISIS meluas di  Raqqah di depan kelompok-kelompok teroris lain,  dan menerapkan undang-undangnya terhadap penduduk setempat yang menjadi korban kejahatan dua kelompok tersebut. Pada Januari 2014, ISIS menguasai penuh kota Raqqah.

Direktur Jenderal Kedokteran Forensik Suriah Zahir Hajo mengatakan, “Organisasi-organisasi teroris yang silih berganti menguasai Raqqah telah mengeksekusi puluhan ribu orang dengan cara brutal.” (mm/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*