tentara kubaWashington, LiputanIslam.com – Channel Fox News, Amerika Serikat (AS), melaporkan bahwa Kuba telah mengirim pasukan khusus ke Suriah untuk menyokong pemerintahan Presiden Suriah, Bashar al-Assad.

Laporan itu didasarkan pada data-data yang didapatnya dari kelompok riset Institute for Cuban and Cuban-American Studies (ICCAS) yang berbasis di Miami, AS. Tanpa menyebutkan kapan pasukan itu masuk ke Suriah, Fox News menyebutkan misi pasukan itu antara lain melatih pasukan suriah sesuai instruksi panglima angkatan bersenjata Kuba, Leopoldo Cintras Frias.

Menurut Fox News, seorang petinggi intelijen AS membenarkan berita adanya paramiliter dan satuan-satuan pasukan khusus Kuba di Suriah. Petinggi yang meminta namanya dirahasiakan itu mempekirakan bahwa pasukan Kuba itu diboyong ke Suriah oleh pesawat Rusia.
ICCAS menyatakan, Jenderal Frias belum lama ini berkunjung ke Suriah sambil memimpin personil militer untuk menyokong Assad dan membantu pasukan Rusia, dan pasukan Kuba itu akan mengoperasikan tank-tank Rusia untuk memerangi ISIS dan musuh-musuh Assad lainnya.

ICCAS menilai Kuba lebih selaras dengan Rusia daripada dengan AS.

“Jika informasi mengenai keberadaan pasukan Kuba di Suriah ini terkonfirmasikan, maka ini menunjukkan bahwa Jenderal Raul Castro lebih mementingkan dukungan kepada aliansinya, Rusia dan Suriah, daripada melanjutkan normalisasi hubungannya dengan AS,” ungkap ICCAS.

Disebutkan pula bahwa Kuba juga pernah mengirim pasukan ke Suriah pada tahun 1973 untuk membantu Suriah dalam Perang Yom Kippur melawan Israel. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL