Javad-ZarifIstanbul, LiputanIslam.com – Menteri Luar Negeri (Menlu) Iran Mohammad Javad Zarif mengingatkan Arab Saudi dengan nasib Tariq Aziz, menteri luar negeri Irak di era rezim Ba’ath pimpinan mendiang Saddam Hossein. Peringatan itu dilontarkan Zarif terkait dengan sepak terjang Saudi untuk menyudutkan Iran dan Hizbullah dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Organisasi Kerjasama Islam (OKI) ke-13 yang dibuka di Istanbul, Turki, Kamis (14/4). (Baca: KTT OKI Dimulai Hari Ini, Indonesia Bela Hizbullah)

“Tindakan demikian hanya menguntungkan rezim Israel semata,” ungkap Zarif yang mewaliki Iran dalam Konferensi Tingkat Menteri (KTM) OKI yang dimulai pada Selasa lalu (12/4) di kota yang sama, sebagaimana dilansir FNA dan dikutip al-Alam.

Dia menegaskan bahwa klausul yang diupayakan oleh Saudi dan negara-negara sekutunya dalam draf deklarasi KTT OKI di Istanbul berseberangan dengan spirit solidaritas Islam dan malah sejalan dengan kepentingan Rezim Zionis Israel.

Menlu Iran lantas mengingatkan bahwa OKI pernah ditunggangi oleh Saddam Hossein dalam peristiwa invasi Irak terhadap Iran.

“Saat itu Menlu Irak Tariq Aziz mengupayakan klausul anti Iran dengan dukungan beberapa negara regional, tapi kami tak menggubris tren permusuhan ini. Harus diambil pelajaran dari masa lalu, dan lihatlah di mana sekarang Tariq Aziz?” soalnya.

Dia menambahkan, “Meskipun beberapa negara anggota organisasi ini melakukan tindakan-tindakan destruktif terhadap Iran, namun Republik Islam Iran tetap mengutamakan perbaikan hubungan dengan negara-negara jiran dan Islam. Padahal sebagian negara itu dulu juga telah menyokong agresi Saddam Hossein terhadap Iran dan menjadi mitra Saddam dalam kejahatan terhadap bangsa Iran.”

Dilaporkan bahwa draf Deklarasi OKI tersebut sudah digodok dalam pertemuan tingkat ahli OKI di Jeddah, Saudi, tanpa partisipasi delegasi Iran karena Saudi tidak bersedia memberikan visa masuk kepada mereka. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL