saudi nayef al-mansi

Nayef al-Mansi, pengacara dan ahli hukum Arab Saudi yang ditangkap otoritas negara ini karena kritis terhadap faham Wahabisme.

Riydah, LiputanIslam.com – Ahli hukum dan pengacara Arab Saudi Naif al-Mansi ditangkap otoritas keamanan negara ini karena gencar mengritik faham Salafi/Wahabi. Menurut laporan situs berita Ahrar al-Hijaz Rabu (7/1/2015), Kejaksaan Arab Saudi menyatakan bahwa Naif al-Mansi sudah tiga bulan ditahan oleh aparat Saudi karena rajin dan serius mengritik Wahabisme.

Al-Mansi dikabarkan hilang pada awal September tahun lalu, dan sejak itu kicauannya tak pernah muncul lagi di media sosial Twitter. Beberapa pekan lalu tersiar kabar bahwa dia ditangkap oleh aparat, namun saat itu belum ada konfirmasi dan keterangan resmi dari pejabat yang berwenang.

Ahli hukum Arab Saudi yang berspesialisasi di bidang “syariat dan hukum” itu pada tahun lalu telah memosting rekaman video berseri di situs berbagi video Youtube dengan judul “Meninjau Kembali Pemikiran Wahabisme”.

Berdasarkan kitab-kitab karya pendiri Wahabisme Syekh Mohammad bin Abdullah Wahab, dalam rekaman itu dia menyatakan bahwa Wahabisme mengafirkan mayoritas umat Islam, termasuk kalangan Ahlussunnah Waljamaah dan bahkan mayoritas penduduk Arab Saudi sendiri.

Dia juga menyatakan bahwa faham Salafi/Wahabisme yang merupakan mazhab resmi kerajaan Arab Saudi telah menjadi faktor terjadinya konflik bernuansa agama di Arab Saudi. Menurutnya, semua mazhab dan agama bertolak belakang dengan faham demikian sehingga para Wahabis selalu terlibat konflik dengan lingkungan sekitarnya. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*