yaman houthi-obamaBeirut, LiputanIslam.com – Pemerintah Rusia dan Arab Saudi dikabarkan terlibat dialog mengenai pemulihan situasi keamanan di Yaman melalui jalur diplomatik. Namun bersamaan dengan ini Saudi meminta Pakistan mengirim pasukan untuk membantu serangan ke Yaman, sementara Iran menyatakan mendukung dialog nasional Yaman di negara yang netral.

Sebagaimana diberitakan situs berita al-Mayadeen, Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov menyatakan sedang terjadi dialog antara Moskow dan Riyadh mengenai penyelesaian krisis Yaman dari kanal militer ke kanal politik.

Lavrov juga mengaku kecewa atas penundaan pembahasan mengenai inisiatif Rusia di Dewan Keamanan PBB mengenai gencatan senjata kemanusiaan di Yaman.

Di pihak lain, Menteri Pertahanan Mesir Sidqi Subhi mengadakan kunjungan ke Islamabad, ibu kota Pakistan, Senin kemarin (6/4/2015) dengan agenda utama membicarakan perkembangan situasi Yaman, bersamaan dengan berlangsungnya sidang parlemen Pakistan yang diwarnai penentangan terhadap keikut sertaan negara ini dalam serangan Arab Saudi dan sekutunya ke Yaman. Partai-partai oposisi Pakistan sepakat menolak keikut sertaan Pakistan dalam perang Yaman.

Menurut laporan el-Watan, dalam sidang parlemen itu Menteri Pertahanan Pakistan Khawaja Asef mengatakan bahwa pemerintah Arab Saudi telah meminta kepada Pakistan supaya mengirim pasukan dan pesawat tempur untuk operasi serangan ke Yaman, namun Asef mengatakan bahwa Islamabad sampai sekarang masih memikirkan solusi damai untuk krisis Yaman.

Sebagaimana sudah pernah dia katakan sebelumnya, Senin kemarin dia hanya kembali menenangkan Saudi dengan pernyataan bahwa Pakistan pasti membela kedaulatan Arab Saudi jika mendapat serangan dari pihak lain.

Lebih jauh dia mengatakan bahwa Rabu besok (8/4/2015) Menlu Iran Mohammad Javad Zarif akan berkunjung ke Pakistan, juga untuk membicarakan situasi Yaman. Kunjungan Zarif ini akan dilakukan sehari setelah kunjungan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan ke Teheran yang dijadwal hari ini, Selasa (7/4/2015), dan beberapa hari setelah kunjungan Perdana Menteri Pakistan Nawaz Sharif ke Ankara, Turki.

Wakil Menlu Iran Morteza Sarmadi menyatakan Iran mendukung penyelenggaraan dialog nasional Yaman di negara netral semisal Oman.

“Kami berharap ada dialog yang melibatkan semua kelompok politik di Yaman, karena tidak ada satupun pihak yang dapat berkuasa dan menang sendirian,” ungkap Sarmadi, sebagaimana dilansir Alalam.

Dia menambahkan, “Keberhasilan tidak mungkin bisa dicapai kecuali dengan partisipasi semua pihak, kecuali kelompok-kelompok radikal dan teroris.”
Dia juga mengecam serangan ke Yaman dan menilainya sebagai kesalahan strategis.

“Serangan ini tidak bisa dibenarkan dengan dalih memulihkan kekuasaan presiden yang telah melarikan diri dari negaranya,” ujar Sarmadi.
Dia juga menyerukan kepada koalisi Saudi supaya memberikan kesempatan bagi bantuan kemanusiaan kepada warga sipil yang menjadi korban serangan.

Sementara itu, al-Mayadeen menyebutkan bahwa pertempuran masih berlangsung di Aden antara tentara Yaman dan pasukan pro-Abd Rabbuh Mansur Hadi, presiden pelarian Yaman, sementara beberapa kapal perang koalisi pimpinan Saudi menyerang posisi-posisi tentara Yaman yang mengelami kemajuan di kota di bagian selatan Yaman tersebut, dan jet-jet tempur Saudi membombardir Pelabuhan al-Shalif di Hudadidah dan menggempur berbagai kawasan di barat Sanaa, ibu kota Yaman, serta kawasan Hajjah, Abin, Lihaj dan Sa’dah.

Di Hadhramaut, “Koalisi Kabilah” menolak menjalin kesepakatan dengan jaringan teroris al-Qaeda berkenaan dengan kota al-Mukalla yang telah jatuh ke tangan al-Qaeda.

Anggota Dewan Politik Ansarullah (al-Houthi) Mohammad al-Bukhaiti kepada al-Mayadeen menyatakan bahwa pasukan koalisi pimpinan Saudi menyerang semua orang Yaman dan menggempur instansi-instansi pemerintah dan semua sektor milik tentara Yaman. Dia juga menegaskan bahwa pasukan Saudi akan hancur jika mencoba melancarkan serangan darat ke Yaman. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL