Doha, LiputanIslam.com –  Berbagai surat kabar Qatar, Senin (30/5/2017), bereaksi terhadap serangan media Arab Saudi dan Uni Emirat Arab (UEA) terhadap Emir Qatar Syeikh Tamim bin Hamad al-Thani.  Berikut ini petikan beragam komentar yang termuat di beberapa surat kabar Qatar:

Al-Watan: Kolumnis Abdul Aziz al-Khater dalam sebuah artikelnya menyebutkan, “Saya kira, serangan media Saudi dan UEA terhadap Qatar telah membalikkan kawasan kepada babak pra-negara, padahal sejak lebih dari 50 tahun silam atau sekira satu abad silam sudah terkait dengan masyarakat politik.”

Dia menyayangkan terjadinya “kemerosotan taraf interaksi politik hingga ke tahap pengintaian dan spionase.” Dia menuliskan, “Cara ini lebih menyerupai cara kelompok-kelompok gerilyawan atau fanatisme kekabilahan yang tak ada kaitannya dengan negara.”

Al-Raya:  Kolumnis Nahed al-Qahtani mengecam media yang bersikeras mengaitkan sebuah pernyatan kontroversial dengan Emir Qatar. “Serangan ini dikelola oleh pihak-pihak yang hendak menghantam persatuan (negara-negara Arab) Teluk,” tulisnya.

Al-Sharq: Ada pihak-pihak yang sengaja menebar fitnah dan menyulut pertikaian yang jelas-jelas tidak menguntungkan Dewan Kerjasama Teluk (GCC) yang selama ini dikenal tentram, kompak, dan bersatu.

Abdul Aziz Sabah al-Fadli, seorang muballigh yang juga anggota parlemen Kuwait menyerukan kepada para pemimpin yang berpengaruh di Teluk Persia agar mengendalikan krisis ini dan menghentikan serangan propaganda anti-Qatar.

“Sejak beberapa hari lalu sampai sekarang kita menyaksikan serangan yang zalim untuk mengisolasi Qatar dan menjauhkannya dari negara-negara Teluk,” tulisnya. (mm/fna)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL