Teheran, LiputanIslam.com – Kepala Staf Angkatan Bersenjata Turki Hulusi Akar telah menghubungi  sejawatnya di Iran, Mohammad Bagheri, via telefon, Minggu (21/1/2018), dan menjelaskan alasan utama yang menyebabkan Turki melancarkan operasi militer bersandi “Tangkai Zaitun” di kawasan Afrin, provinsi Aleppo, Suriah utara.

Akar menyebutkan bahwa alasan utamanya ialah adanya konsentrasi kelompok-kelompok teroris di kawasan itu sehingga Turki harus menghadapi ancaman mereka terhadap keamanan kawasan perkotaan dan pedesaan di wilayah perbatasannya dengan Suriah.

“Serangan ini datang dalam kerangka hak pertahanan yang sah dari pihak tentara Turki,” katanya.

Dia memastikan negaranya menghormati integritas wilayah Suriah, dan tetap berkomitmen pada kesepakatan segi tiga Turki, Iran, dan Rusia.

Di pihak lain, Kepala Staf Angkatan Bersenjata Iran, Mohammad Bagheri, mengatakan bahwa bagaimanapun juga Turki jangan sampai mengusik integritas, kemerdekaan, dan kedaulatan Suriah, dan Ankara juga berkewajiban menegaskan bahwa Turki sama sekali tidak memiliki ambisi apapun di Suriah.

Bagheri menambahkan bahwa tindakan militer Turki di Suriah utara jangan sampai dimafaatkan oleh musuh-musuh Suriah dan dunia Islam, terutama Amerika Serikat dan sekutunya, untuk merealiasasikan rencana ambisiusnya di Suriah.

Dia juga berharap kepada Turki agar tindakan militer itu tidak sampai mengganggu diskusi dan capaian yang telah dihasilkan oleh segi tiga Iran, Turki dan Rusia di Astana, ibu Kazakhstan, mengenai Suriah. (mm/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL