kota sinjar irak porak porandaArbil, LiputanIslam.com – Pasukan Kurdistan Irak, Peshmerga secara resmi dinyatakan berhasil membebaskan sepenuhnya kota Sinjar dari tangan gerombolan teroris ISIS.
Pemimpin Kurdistan Irak Masoud Barzani saat mengumumkan keterbebasan Sinjar memastikan bahwa keberhasilan ini akan sangat membantu proses pembebasan Mosul dari pendudukan ISIS.

“Tanpa ragu, setiap kemenangan di daerah manapun akan memiliki dampak besar pada pencapaian kemenangan di daerah yang tersisa. Dan tanpa ragu, pembebasan Sinjar juga akan berdampak besar pada pembebasan Mosul ,” katanya dalam jumpa pers sebagaimana dikutip CNN dan Aljazeera.

Media War Cell Irak (MWC) dalam laporan terbarunya yang dilansir al-Sumaria News, Jumat (13/11) menyatakan pasukan Peshmerga mulai melakukan operasi pembersihan semua wilayah kota dari bahan-bahan peledak aktif milik ISIS.

Peshmerga memulai operasi militer secara besar-besaran untuk membebaskan Sinjar sejak Kamis pagi lalu. Mereka menyerbu Sinjar dari tiga arah dengan melibatkan 7500 personil yang dibantu relawan Yazidi.

Reuters melaporkan bahwa pasukan Kurdi Irak menyerbu setelah memblokir jalur barat dan timur yang terhubung dengan Sinjar dan setelah itu mereka berhasil merebut kawasan seluas lebih dari 150 km persegi. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL