Doha, LiputanIslam.com –  Perang media antara Qatar dan Saudi terus memanas. Dalam perkembangan terbaru, koran al-Raya terbitan Qatar memuat karikatur yang menggambarkan bagaimana Mufti Besar Saudi Syeikh Abdul Aziz al-Sheikh menggiring para pengikutnya masuk ke neraka.

Dalam karikatur itu terlihat gambar sosok mirip  mufti Saudi yang tunanetra memegang tongkat bergerak melangkah menuju jurang api diikuti oleh beberapa pria yang juga berjubah dan berjenggot panjang serta melangkah sambil memejamkan mata di belakang mufti.

Di bagian atas karikatur terdapat kutipan ayat suci al-Quran surat al-Ahzab [33] ayat 67 yang artinya; “Dan mereka berkata:’Ya Tuhan kami, sesungguhnya kami telah mentaati pemimpin-pemimpin dan pembesar-pembesar kami, lalu mereka menyesatkan kami dari jalan (yang benar).’”

Karikatur itu digunakan sebagai ilustrasi sebuah artikel berjudul “Sebagian Rezim Menginginkan Masyarakat  Membenci Agama.”

Karikatur beserta artikel ini tak pelak membangkitkan kegusaran pihak Arab Saudi.  Seperti dilaporkan IRNA, Rabu (31/5/2017), koran al-Mowaten milik Saudi mengecamnya dengan menyebutkan, “Qatar beserta media dan korannya melakukan segala cara untuk mencoreng citra Arab Saudi beserta para pemimpin dan ulamanya.”

Koran Saudi lainnya, Okaz, bahkan menuding pemerintah Qatar berusaha menyulut kerusuhan di Saudi melalui kerjasama dengan al-Qaeda, Ikhwanul Muslimin, Hizbullah Lebanon dan Ansarullah (milisi Houthi Yaman).

Harian ini juga menuduh Qatar membantu dana 100 juta USD kepada pasukan relawan Irak al-Hashd al-Shaabi serta menjanjikan 1 miliar USD lagi kepada pasukan relawan ini jika berkonfrontasi dengan Saudi.

Hubungan Qatar dengan Arab Saudi, Uni Emirat Arab, dan Bahrain tiba-tiba memanas setelah tersiar pernyataan kontrovesial yang  disebut-sebut sebagai pernyataan Emir Qatar Syeikh Tamim bin Hamad al-Thani yang mengritik deklarasi KTT Riyadh, mengecam besarnya transaksi senjata Saudi dengan AS, membela Hamas dan Hizbullah, dan menekankan pentingnya hubungan Qatar dengan Iran.  (mm/irna)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL