army-sinai mesirKairo, LiputanIslam.com – Pejabat keamanan Mesir menyatakan telah terjadi kontak senjata antara pasukan Mesir dan kawanan teroris kelompok Wilayat Sinai di beberapa kawasan di selatan kota Rafah dan Sheikh Zuwaid di bagian utara Semenanjung Sinai, mengakibatkan 10 orang teroris terbunuh.

Sebagaimana diberitakan Sky News, narasumber keamanan yang meminta tidak disebutkan namanya itu Selasa (13/1/2015) mengatakan, “Tentara Mesir telah melancarkan serangan masif terhadap kawanan teroris di bagian utara Gurun Sinai. Tentara berhasil menemukan dan menyita sejumlah besar senjata, granat, roket dan perangkat pembuat bom milik mereka.”

Dia menambahkan, “Dalam operasi ini tentara juga telah menghancurkan rumah sakit lapangan, beberapa unit mesin diesel, mobil dan motor yang digunakan oleh kelompok teroris ini.”

Tentara dan polisi Mesir terlibat perang melawan para ekstrimis bersenjata di Semenanjung Sinai dan beberapa kawasan lain sejak Presiden Mesir Mohamed Morsi dikudeta oleh pihak militer pada Juli 2013 menyusul peristiwa protes besar-besaran rakyat Mesir terhadap pemerintahan Morsi.

Kawanan ekstrimis kerap melancarkan serangan hingga menjatuhkan ratusan korban tewas di pihak tentara dan polisi Mesir. Serangan itu sebagian besar dilakukan oleh kelompok Ansar Bait al-Maqdis yang kemudian mengubah namanya menjadi Wilayat Sinai setelah mereka menyatakan baiat kepada kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS). (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*