taliban 01Islamabad, LiputanIslam.com – Sebanyak 15 orang tewas dalam kontak senjata antara pasukan Pakistan dan kawanan bersenjata di kawasan semi otonomi suku Bajaur di barat laut negara ini. Mengutip laporan sumber-sumber militer, berbagai media Pakistan menyebutkan bahwa 14 korban tewas adalah kelompok bersenjata dan satu lainnya adalah tentara Pakistan.

Disebutkan bahwa kontak senjata dipicu oleh serangan kawanan bersenjata terhadap sebuah pos keamanan di kawasan semi otonomu suku Bajaur yang terletak di dekat perbatasan Pakistan dengan Afghanistan.

Untuk membalas serangan itu tentara Pakistan segera mengejar mereka hingga terjadi kontak senjata. Tentara mengerahkan beberapa helikopter tempur dan melancarkan serangan udara hingga menewaskan 14 kawanan bersenjata.

Belum ada kelompok yang menyatakan bertanggungjawab atas serangan terhadap pos keamanan tersebut. Namun, seperti biasa, tentara Pakistan menganggap pelaku serangan tak lain adalah milisi Taliban yang sengaja menyerang tentara perbatasan untuk menyusup ke wilayah Pakistan.

Pemerintah Islamabad menyatakan kelompok ilegal yang menamakan dirinya “Tahrik-i Taliban Pakistan” (TTP) kabur ke wilayah Afghanistan setelah melancarkan serangan masif terhadap tentara Pakistan. Mereka membuat kubu-kubu pertahanan di wilayah perbatasan dan menyerang aparat keamanan dan desa-desa yang di sekitar perbatasan. (mm/irna)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL