Ramallah, LiputanIslam.com –  Satu pejuang Palestina gugur syahid, Minggu malam (6/3/2017), dalam kontak senjata dengan tentara Zionis Israel di kota Ramallah, Tepi Barat.

Militer Israel mengklaim seorang pria bersenjata Palestina telah melepaskan tembakan terhadap tentara dan polisi militer Israel dalam peristiwa serangan mereka ke Tepi Barat, lalu dibalas tembakan sehingga dia terbunuh.

“Dalam misi penangkapan tersangka pria bersenjata Palestina di Ramallah, tersangka melepaskan tembakan terhadap pasukan keamanan. Pasukan ini lantas melepaskan tembakan terhadap pelaku kejahatan ini. Dalam kontak senjata, pria bersenjata ini terbunuh,” ungkap militer Israel.

Para pejabat kementerian kesehatan Palestina mengonfirmasikan kejadian ini. Mereka menyebutkan bahwa pejuang Palestina itu bernama  Basel al-Araj, dan jenazahnya ditahan oleh otoritas Israel.

Jubir kepolisian Israel mengklaim bahwa pemuda Palestina berusia 31 tahun itu adalah pemimpin sebuah regu yang akan melancarkan serangan terhadap Israel.

Klaim ini dibantah oleh masyarakat Ramallah dengan menggelar aksi protes, Senin (7/3/2017). Mereka menyatakan bahwa al-Araj merupakan aktivisi Palestina yang dibunuh oleh pasukan Israel di sebuah rumah di al-Bireh, pinggiran Ramallah.

Sedikitnya 237 orang Palestina terbunuh di tangan Israel dalam kerusuhan sporadis yang bermula sejak Oktober 2015 dan semakin berkobar dalam beberapa bulan terakhir.  Di pihak Israel, sedikitnya 37 orang terbunuh. Selain itu, dua turis AS juga tewas. (mm/reuters)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL