Indian_consulate_attack_AfghanistanHerat, LiputanIslam.com – Gedung konsulat India di Herat, Afghanistan, diserang kawanan bersenjata Jumat dini hari (23/5). Kawanan itu berusaha masuk ke dalam gedung setelah melepaskan tembakan dari bangunan sekitar, namun aparat keamanan berhasil menggagalkan aksi mereka. Tiga penyerang dilaporkan tewas.

Serangan dimulai sejak pukul 3.25 waktu setempat dan berlanjut hingga beberapa jam. Polisi setempat menyebutkan bahwa tiga pria bersenjata melepaskan tembakan terhadap konsulat India dari sebuah rumah dengan senapan otomatis dan granat berpeluncur roket.

Satu di antara mereka tertembak mati ketika berusaha menaiki dinding gedung konsulat. Sedangkan dua lainnya dikepung oleh sekitar 150 personil keamanan, termasuk anggota Polisi Perbatasan Indo-Tibetan (ITBP).

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri India, Syed Akbaruddin, mengatakan, “Dini pagi hari ini gedung konsulat itu mendapat serangan. Personil pemberani ITBP kami dan pasukan Afghanistan berhasil menangkal serangan, dan semua personil Indiapun selamat.”

Dia menambahkan bahwa para pejabat Afghanistan menjalin komunikasi dengan para pejabat senior India untuk memantau keadaan.
Dipilihnya Herat sebagai sasaran serangan mengejutkan banyak kalangan karena kota yang terletak di dekat perbatasan Afghanistan dengan Iran itu selama ini diketahui sebagai tempat paling aman di Afghanistan.

Serangan itu terjadi pada hari ketika Islamabad diharapkan dapat mengkonfirmasikan kepada India perihal kehadiran Perdana Menteri Pakistan Nawaz Sharif dalam acara pengangkatan sumpah Narendra Modi sebagai perdana menteri India Senin mendatang.

Presiden Afghanistan Hamid Karzai sudah menyatakan akan menghadiri seremoni tersebut.

India telah menaruh investasi sebesar lebih dari 2 milyar dolar Amerika Serikat dalam berbagai proyek di Afghanistan, termasuk untuk pembangunan jalan dan pembangunan pembangkit listrik. (mm/ndtv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL