Teheran, LiputanIslam.com –  Konferensi parlemen ke-13 negara-negara anggota Organisasi Kerjasama Islam (OKI)  telah dimulai dan dihadiri oleh para delegasi dari 44 negara di Teheran, ibu kota Iran, Sabtu (13/1/2018).

Abdulreza Azizi, anggota Persatuan Parlemen Islam, kepada IRNA mengatakan, “Pertemuan ini dihadiri oleh 16 ketua parlemen, 14 wakil ketua parlemen, dan sejumlah ketua kelompok-kelompok persahabatan parlemen OKI.”

Menurutnya, sejumlah delegasi telah tiba di Teheran sejak Rabu (10/1/2018), dan masih akan menyusul para ketua parlemen Islam lainnya pada Sabtu malam, dan negara-negara Islam menyambut baik konferensi ini.

Dia menambahkan bahwa konferensi parlemen Islam ini akan diselenggarakan setiap tahun di salah satu negara Islam untuk membahas berbagai isu penting dunia Islam, terutama isu Palestina.

Pertemuan ini akan berlangsung selama lima hari, dan hari ini, Ahad, akan dilakukan oleh berbagai komisi yang ada, termasuk komisi tetap untuk Palestina dan sidang konsultasi antarsekjen parlemen Islam, dan digelar pula sidang konsultasi sekelompok negara Arab dan komisi khusus urusan politik dan hubungan luar negeri.

Pada hari ketiga nanti ketua parlemen Iran Majelis Syura Islam Ali Larijani akan memimpin komisi umum, dan di hari itu pula akan diselenggarakan pertemuan para wanita Muslimat. Konferensi ini akan berakhir pada hari Rabu (17/1/2018). (mm/alalam/thenewkhalij)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL