bantuan AS utk ISISTeheran, LiputanIslam.com – Anggota Komisi Pertahanan dan Keamanan Irak Majid al-Gharawi Ahad (28/12) menyatakan bahwa Amerika Serikat (AS) dan beberapa negara anggota koalisi internasional anti ISIS (Negara Islam Irak dan Suriah) telah menurunkan parasut pembawa senjata dan amunisi ke sebuah lokasi yang dikuasai kelompok teroris takfiri tersebut.

“Keterangan para petinggi pasukan relawan (al-Hasyd al-Sya’bi) yang dikutip oleh beberapa media memastikan keterlibatan AS dalam pendanaan untuk kelompok teroris ISIS. AS adalah tersangka utama kasus dukungan kepada kelompok teroris,” ungkap al-Gharawi, sebagaimana dilansir lembaga pemberitaan al-Sumaria News.

Dia menambahkan, “AS dan sebagian negara anggota koalisi internasional membantu dan mendanai ISIS dengan cara tidak langsung, terutama setelah pesawat-pesawat AS menjatuhkan senjata dan perlengkapan perang ke kawasan-kawasan yang diduduki ISIS. Adanya pesawat-pesawat AS yang telah menurunkan parasut ke kawasan al-Khadirah antara Balad dan Dhouloiyyah membuktikan bahwa AS memang menyokong ISIS.”

Al-Gharawi juga menyatakan bahwa Komisi Keamanan dan Pertahanan Parlemen Irak sedang menanti laporan dari Komando Operasi Salahuddin serta Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Pertahanan untuk penyelidikan kasus tersebut dan pengambilan langkah-langkah yang diperlukan.

Sehari sebelumnya, pejabat distrik Balad Mufid al-Baldawi menyatakan bahwa pesawat pasukan koalisi telah menurunkan parasut ke sebuah kawasan yang dikuasai ISIS di bagian selatan provinsi Salahuddin.

“Ratusan warga setempat telah melihat adanya parasut yang diturunkan di kawasan tersebut,” tuturnya.

Dia meminta pemerintah supaya segera menyelidiki kasus ini.

Kasus dugaan penjatuhan senjata untuk ISIS dari udara oleh AS juga dinyatakan sebelumnya oleh komandan relawan Brigade Ali Akbar.

“Pertempuran sengit serta serangan telak yang menimpa kawanan teroris ISIS di selatan distrik Balad, tepatnya di dua kawasan Yathrib dan Tel al-Dzahab membuktikan kelompok-kelompok teroris sudah kewalahan… Namun, di beberapa kawasan ternyata ada helikopter AS yang menjatuhkan parasut yang membawa senjata dan amunisi,” ungkapnya.

Dia menambahkan bahwa setelah disuplai senjata itu gerombolan-gerombolan ISIS dapat melancarkan serangan terhadap pasukan relawan dan menggempur distrik balad dengan peluru-peluru mortir.

Beberapa media lokal Irak Jumat (26/12) memublikasikan penggalan rekaman video penjatuhan parasut ke kawasan al-Khadirah Timur di bagian selatan provinsi Salahuddin. Hingga kini belum diketahui secara pasti apa isi barang dalam paket yang menggelantung di bawah parasut tersebut. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL