Jenewa, LiputanIslam.com –   Komisaris Tinggi HAM PBB Zeid Bin Ra’ad al-Hussein menyerukan penyelidikan internasional terhadap pelanggaran HAM dalam perang Yaman.

PBB telah memverifikasi terbunuhnya 5.144 warga sipil dalam perang di Yaman, terutama akibat serangan udara  pasukan koalisi Arab pimpinan Arab Saudi. Karena itu,  Zeid  mengingatkan keharusan adanya penyelidikan internasional.

“Upaya minimal yang dilakukan terhadap pertanggungjawaban selama setahun terakhir tidak cukup untuk menanggapi beratnya pelanggaran yang terus berlanjut dan terjadi sehari-hari dalam konflik ini,” kata Zeid dalam pidato di Dewan HAM PBB di Jenewa, Senin (11/9/2017).

Dia menambahkan, “Kerusakan Yaman dan penderitaan mengerikan rakyatnya akan berdampak luar biasa dan abadi di seluruh wilayah ini.”

Ini merupakan ketiga kalinya dia menyerukan penyelidikan internasional atas pelanggaran HAM dalam perang Yaman yang sudah berlangsung dua tahun antara aliansi Ansarullah-Saleh di satu pihak dan kelompok Abd Rabbuh Mansour Hadi yang  didukung koalisi pimpinan Saudi di pihak lain.

Pekan lalu kantor Zeid mengatakan bahwa 47 negara anggota Dewan HAM tidak serius mengemban tanggungjawab. Karena itu dia mendesak mereka melakukan penyelidikan terhadap “malapetaka  yang sepenuhnya buatan manusia.” (mm/reuters)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL