jabhah-al-nusraBeirut, LiputanIslam.com   Majalah Fox News (FN) terbitan Jerman melansir pengakuan seorang komandan kelompok teroris Jabhah al-Nusra di Suriah bahwa pihaknya mendapat bantuan dari Amerika Serikat (AS), tapi kecewa karena “masih tidak sebagaimana yang diharapkan.”

Dilaporkan bahwa komandan al-Nusra yang tak disebutkan namanya itu dalam wawancara dengan Jurgen Todenhofer, jurnalis surat kabar Jerman Kölner Stadt-Anzeiger, mengatakan, “Mereka (AS) memberi kami roket-roket secara langsung. Kami menghargai keberpihakan AS kepada kami.” Tapi dia kecewa karena kerjasama al-Nusra dengan AS berkembang tidak dalam bentuk seperti yang dikehendaki al-Nusra.

Seperti dikutip Rai al-Youm, Senin (26/9/2016), FN menyebutkan bahwa wawancara itu dilakukan 11 hari yang lalu, yaitu sebelum terjadi peristiwa serangan terhadap konvoi bantuan internasional di sekitar Aleppo, Suriah, 19 September lalu.

Serangan itu tak diketahui siapa pelakunya, tapi komandan al-Nusra mengatakan bahwa saat itu pihaknya melarang konvoi itu masuk ke kota Aleppo kecuali dengan syarat pasukan pemerintah Suriah mundur dari posisi-posisinya. Al-Nusra mengancam akan menangkap para pengemudi truk pembawa bantuan apabila masuk ke Aleppo tanpa persetujuan al-Nusra.

Dia menegaskan bahwa kelompok yang belakangan berganti nama menjadi Jabhat Fateh al-Sham itu menentang win-win solution, menolak negara sekular dan akan terus berperang sampai “jatuhnya pemerintah Suriah dan berdirinya pemerintahan Islam sesuai syariat Islam.”

Pengakuan komandan al-Nusra ini praktis menepis pengakuan para petinggi Washington bahwa AS memerangi ekstrimis al-Nusra, hanya menyokong kelompok-kelompok oposisi moderat Suriah dan berusaha menjauhkan kubu moderat dari kubu radikal.

Pemerintah Suriah sendiri menyatakan bahwa semua kelompok bersenjata yang memeranginya adalah kelompok ekstrimis, radikal dan teroris yang didukung negara-negara asing, terutama AS serta beberapa rezim Arab sekutunya di Timteng, dan Turki. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL