israel Ben-CaspitTel Aviv, LiputanIslam.com – Harian Maariv terbitan Israel mengecam kebijakan Tel Aviv dalam perang Gaza dan menyatakan bahwa Israel harus harus mengakui realitas kemenangan Gerakan Perlawanan Islam Palestina, Hamas.

“Harus diakui bahwa Hamas menang dalam perang yang terjadi sekarang. Ini merupakan fakta yang harus diakui, meskipun pasukan Israel menggelar operasi besar-besaran untuk menghancurkan terowongan-terowongan Hamas,” tulis wartawan senior dan kolumis Israel Ben Caspit dalam artikelnya di koran Maariv, sebagaimana dikutip Fars News Agency (FNA), Rabu (30/7).

Ben Caspit lantas menuding pemerintahan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu tak becus mengurus negara dan mengelola perang.

“Seandainya Israel memiliki pemimpin yang tangguh dan benar-benar berpikiran jauh ke depan hingga memperoleh dukungan internasional maka tentu situasi sekarang akan berbeda. Tapi sayang, pemimpin yang ada sekarang tak memiliki kelebihan seperti ini,” tulisnya.

Dia menambahkan, “Jika Israel tak mampu merespon (serangan) Hamas maka ini juga tak ubahnya dengan tamatnya riwayat kemampuan Israel berhadapan dengan Iran dan Hizbullah; Israel kehilangan khazanah strategisnya selama ini berupa klaim kedigdayaan militernya menghadapi segala bentuk serangan yang mengancam tentara dan warga Israel.”

Sembari menyinggung kehebatan operasi penyusupan Hamas ke kawasan Nahal Uz yang telah menewaskan beberapa tentara Israel, Ben Caspit menyebutkan, “Tak usah kita menipu diri lagi. Kita harus mencari titik-titik kelemahan dan kekuatan Hamas supaya kita dapat memberikan pukulan telak terhadap mereka. Jika kita tidak memiliki kemampuan ini maka obyek yang kita cari adalah sesuatu yang tak ada kaitannya dengan kita, sebab konfrontasi yang akan terjadi di masa mendatang akan lebih berat dan menyakitkan.” (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL