Sanaa, LiputanIslam.com –  Gubernur Provinsi Sanaa yang berasal dari kelompok Ansarullah (Houthi) di Yaman menyatakan bahwa serangan udara pasukan koalisi Arab telah menjatuhkan korban luka dan tewas sebanyak 3,387 orang di provinsi ini sejak koalisi pimpinan Arab Saudi itu menyerang Yaman.

“Jet-jet tempur agresor (koalisi Arab) selama 1000 hari telah menghancurkan 167 rumah serta fasilitas administrasi dan perdagangan dengan kondisi sebagiannya hancur total di pusat provinsi, dan sebanyak 226 rumah di antaranya disasar secara langsung,” ungkap gubernur provinsi Sanaa, Hanin Qatinah, dalam statemennya, Senin (1/1/2017).

Dia merinci bahwa sebanyak 627 rumah mengalami kerusakan yang variatif dan 111 bangunan hancur total dan parsial dengan tingkat kerugian awal sebesar US$ 800 juta.

“Pihak agresor menyasar langsung rumah-rumah warga dan menghancurkannya di atas kepala para penghuninya, termasuk anak kecil, kaum perempuan, dan lansia, dalam kejahatan dan pembantaian yang tak berprikemanusiaan serta melanggar konvensi, perjanjian, dan undang-undang internasional dan kemanusian,” lanjutnya.

Dia menjelaskan beberapa rincian lain, termasuk bahwa bangunan dan fasilitas yang hancur total dan parsial terdiri atas 13 sekolah, 8 fasilitas kesehatan, 11 jembatan, 17 masjid, 4 situs sejarah, 3 tempat rekreasi, 12 menara komunikasi, 5 lembaga teknis dan pendidikan, 2 stasiun pembangkit listrik, 1 stasiun penyaluran minyak ke pipa, dan 5 fasilitas lain berupa sentral telefon dan gudang. (mm/aljazeera)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL