isis di kilang baijiBaghdad, LiputanIslam.com – Badan Kontra-Terorisme Irak mengumumkan kilang minyak Baiji di utara Tikrit, provinsi Salahuddin, berhasil dibebaskan secara total dari tangan kelompok teroris takfiri ISIS.

“Satuan-satuan pasukan militer dan relawan al-Hasdh al-Shaabi berhasil membersihkan kilang minyak Baiji secara total, dan kini sudah tidak ada lagi jejak anggota ISIS dalam kilang minyak ini,” ungkap juru bicara Badan Kontra-Terorisme Irak, Samir al-Shuwaili, Rabu (15/10), sebagaimana dilansir al-Sumaria News.

Hal yang sama sebelumnya juga sudah dinyatakan oleh sebuah sumber dalam Komando Operasi Salahuddin, sementara komando operasi gabungan juga mengumumkan dimulainya operasi bersandi “Labbaika Ya Rasulullah” tahap kedua dari tiga arah untuk pembebasan kawasan utara provinsi Salahuddin.

Bersamaan dengan ini, Komando Operasi Anbar mengumumkan bahwa tentara dan relawan Irak berhasil membebaskan al-Itisam Square di bagian utara Ramadi, ibu kota provinsi Anbar, dan mengibarkan bendera Irak di jembatan Albu Faraj.

Komandan Operasi Anbar, Ismail al-Mahlawi, mengatakan pembebasan itu terjadi melalui pertempuran hebat yang menimbulkan banyak kerugian jiwa dan materi pada kawanan teroris ISIS.

“Banyak teroris kabur dari kawasan Albu Faraj, tapi beberapa teroris juga berhasil diringkus oleh militer Irak,” katanya.

Sehari sebelumnya, Komando Operasi Anbar mengumumkan 35 teroris ISIS tewas dan 10 mobil mereka hancur di utara Ramadi ketika pasukan Irak bergerak maju ke kawasan Albu Faraj. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL