AlQuds, LiputanIslam.com –  Ribuan jemaah Palestina dari dalam kota al-Quds (Yerussalem) dan dari wilayah Israel alias Palestina pendudukan 1948 menunaikan shalat Jumat (11/8/2017) di Masjid al-Aqsa, al-Quds, di bawah sistem keamanan ekstra ketat yang diterapkan oleh Rezim Zionis Israel.

Israel mengerahkan pasukan kepolisian dan pasukan penjaga perbatasan dalam jumlah besar di gerbang-gerbang kota al-Quds dan Masjid al-Aqsa serta memasang barikade-barikade dan pos-pos di mana mereka memeriksa secara ketat identitas jemaah, terutama kalangan pemuda.

Khatib Masjid al-Aqsa, Syeikh Ismail Nawahdah, dalam khutbah Jumatnya mengingatkan bahwa kota ini merupakan salah satu kota suci yang tak ada bandingannya bagi bangsa-bangsa Arab dan umat Islam  kecuali Mekkah al-Mukarramah dan Madinah al-Munawwarah, dan al-Quds tetap terjaga abadi dalam sanubari mereka dengan adanya peringatan Isra’ dan Mikraj Nabi Muhammad SAW.

“Wibawa Baituil Maqdis (al-Quds/Yerussalem), Palestina, dan Islam yang telah kita saksikan sebagai reaksi atas upaya pengubahan terhadap identitasnya merupakan bukti terbesar atas hal itu,” ungkap Syeikh Nawahdah.

Dia menjelaskan bahwa kesucian al-Quds mengemuka setelah kota ini masuk dalam pemerintahan Islam di tangan Khalifah Umar Bin Khattab yang telah memasukinya dalam peristiwa pembebasan Islam secara damai, dan sejak itu umat Islam memerintah atasnya dengan pemerintahan berbasis keadilan, kasih sayang, dan toleransi.

Dia menegaskan bahwa umat Islam memang berhak atas al-Quds sehingga jangan sampai mereka mundur dalam mempertahankan hak ini.

“Kota al-Quds tetap merupakan kunci perang dan damai sehingga orang-orang yang berakal harus menyadari hal ini dengan baik sebelum kehilangan kesempatan,” serunya.

Syeikh Nawahdah mengecam upaya Judaisasi al-Quds yang dilakukan oleh rezim pendudukan Zionis dengan berbagai macam modus untuk mendistorsi statusnya dan menindas penduduknya dengan berbagai tindakan yang memprihatinkan sehingga mereka tak dapat mendatanginya kecuali dengan bersusah payah. (mm/pic)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL