iran khamenei and armyTeheran, LiputanIslam.com – Pemimpin Besar Revolusi Islam Iran Grand Ayatollah Ali Khamenei menegaskan bahwa Iran memandang keamanan sebagai anugerah ilahiah yang terbesar dan karena Iran konsisten membela keamanan dirinya maupun orang-orang lain. Dia juga menilai pihak yang menyerang Yaman tidaklah terhubung dengan ajaran Islam maupun prikemanusiaan.

“Mereka (pihak lawan Iran) berbicara sedemikian sengit, tapi kemudian mengatakan Iran tidak boleh memiliki kekuatan pertahanan apapun.. Bangsa kita bersatu, waspada untuk pertahanan dan menjadi ibarat kepalan tinju yang siap menghantam agresor manapun,” katanya dalam pertemuan dengan para petinggi militer Iran di Teheran, Migggu (19/4), sebagaimana dilansir Alalam.

Mengenai perang Yaman, Khamenei menilai serangan udara Saudi dan sekutunya sebagai pelanggaran terhadap hukum internasional dan norma kemanusiaan, dan tindakan demikian tidak akan ditiru oleh militer Iran.

“Angkatan bersenjata kami komitmen selamanya kepada perjanjian dan undang-undang Islam, dan tidak mungkin akan menggunakan cara-cara dan peralatan yang terlarang, baik dalam kondisi jaya maupun dalam kondisi celaka. Bertolak dari komitmen kepada hukum internasional dan moral serta beranjak dari keyakinan keagamaan, tidak mungkin Republik Islam Iran berpikir untuk tampil dengan senjata nuklir,” tegasnya.

Dia menepis keras tuduhan negaranya mencampuri urusan internal negara-negara lain.

“Tuduhan yang marak bahwa Iran mencampuri urusan negara-negara regional sangat jauh dari realitas, sebab Iran belum dan tidak akan pernah mencampuri urusan negara-negara lain,” katanya.

Dia menambahkan, “Apa yang terjadi di Yaman telah melukai hati di mana Amerika Serikat menyokong pihak yang zalim… Kami menentang siapapun yang menyerang warga sipil, anak kecil dan kaum perempuan, dan kami berkeyakinan bahwa mereka (penyerang) sama sekali tidaklah terhubung dengan Islam maupun rasa kemanusian.” (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL