ayatollah khameneiTeheran, LiputanIslam.com – Pemimpin Revolusi Islam Iran Grand Ayatollah Ali Khamenei menyatakan keberhasilan para ilmuwan Iran memperkaya uranium hingga 20 persen telah mengejutkan dan menggentarkan orang-orang Barat.

Sebagaimana dilaporkan Alalam, hal itu dia kemukakan dalam kata sambutannya saat ditemui oleh para rektor dan pimpinan dari berbagai universitas dan pusat-pusat sains Iran, Rabu (11/11).
Dia juga menyinggung persyaratan yang diajukan Barat terkait penjualan bahan bakar yang sudah diperkaya 20 persen.

“Ini jelas menguntungkan kita, dan para pemuda kita dengan jerih payahnya yang besar berhasil memroduksi bahan bakar ini hingga mengejutkan orang-orang Barat dan membuat mereka kebingungan,’ katanya.

Lebih jauh dia mengingatkan supaya dalam kegiatan riset harus ada upaya penentuan skala prioritas kebutuhan di masa mendatang secara cermat dan terukur.

Menurutnya, pesatnya perkembangan sains di Iran tercatat tertinggi di dunia.

“Amerika Serikat mulai meniti kemajuan 140 tahun lebih dahulu dari kita, namun apa yang membuat dunia tercengang ialah pesatnya perkembangan sains yang telah kita wujudkan, sehingga pihak-pihak lawan sendiri memastikan kecepatan kemajuan sains di Republik Islam Iran mencapai 13 kali lipat kecepatan perkembangan sains di dunia,” terangnya.

Belum lama ini Presiden Iran Hassan Rouhani menyatakan negaranya akan segera terjun ke dunia bisnis bahan bakar nuklir dengan memasarkan uranium hexafluoride (UF6) dan menyediakan stok“adonan kuning” (yellow cake). (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL