ayatollah khameneiTeheran, LiputanIslam.com – Pemimpin Besar Revolusi Islam Iran Grand Ayatullah Ali Khamenei menyatakan Amerika Serikat (AS) bagaimanapun juga akan tetap gigih memusuhi Iran dan karena itu Teheran tidak bersedia berunding dengan Washington di luar persoalan nuklir.

“Kami hanya bersedia berunding dengan AS untuk urusan nuklir saja karena beberapa faktor tertentu, dan kami tidak akan bernegosiasi dengan AS di bidang-bidang lain,” ujarnya saat memberikan kata sambutan dalam pertemuan dengan ribuan warga Iran dari berbagai elemen masyarakat di Teheran, Rabu (9/9), sebagaimana dilansir Alalam.

Dia mengingatkan bahwa AS terus berusaha merongrong Iran melalui berbagai celah.

“Ekonomi yang kuat dan tangguh, perkembangan sains, dan pelestarian spirit revolusi, terutama di kalangan pemuda, adalah tiga unsur kuat untuk melawan permusuhan yang tak akan pernah berakhir dari Si Setan Besar,” katanya.

Khamenei menegaskan bahwa AS tidak berhenti memusuhi Iran terutama karena kepentingan ilegalnya sudah tidak mungkin dapat terpenuhi lagi di Iran akibat berdirinya republik Islam di negara ini.

Lebih lanjut dia menjelaskan mengapa pendiri Republik Islam Iran, Imam Khomaini, menyebut AS sebagai setan besar. Menurutnya, sebutan Setan Besar untuk AS dari Imam Khomaini merupakan “langkah historis dan gerakan penuh makna.”

“Gembong semua setan di seluruh alam adalah Iblis, tapi Iblis membatasi aksinya hanya sebatas menggoda dan menyesatkan, sedangkan Amerika selain menyesatkan juga melakukan pembantaian, menerapkan embargo dan bersikap munafik,” paparnya.

Dia mengecam kalangan yang tertentu yang berusaha “mengilaukan” citra AS.

Dia menegaskan, “Akal sehat dan hati nurani mana yang dapat mencitrakan penjahat sekaliber Amerika sebagai sahabat dan pihak yang dapat dipercaya?! … Setan yang sudah didepak keluar oleh bangsa Iran ini masih bertekad untuk masuk lagi melalui jendela. Karena itu jangan sampai kita membiarkannya.” (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL