File picture shows Iran's Supreme Leader Ayatollah Khamenei looking on as Hamas leader Meshaal speaks during official meeting in Tehran

Foto arsip: Pertemuan Ketua Biro Politik Hamas Khaled Meshal Dengan Pemimpin Besar Revolusi Islam Iran Grand Ayatullah Ali Khamenei

Doha, LiputanIslam.com – Ketua Biro Polik Gerakan Perlawanan Islam Palestina, Hamas, Khaled Meshal, menyatakan bahwa bantuan dana dan militer Republik Islam Iran selama ini kepada Palestina telah menjadi kunci ketegaran para pejuang Palestina di Gaza dalam melawan agresi Rezim Zionis Israel.

“Dukungan dana dan militer yang telah dipersembahkan Iran kepada gerakan Hamas sejak dekade 90-an di abad lalu telah memberikan pengaruh besar dalam perkembangan muqawamah (perlawanan terhadap Israel) dan kemenangannya,” kata Meshal dalam wawancara dengan TV Iran di Doha, Qatar, Ahad sore (24/8), sembari menekankan urgensi penggalangan persatuan Islam, pengabaian perpeselisihan, dan pencampakan sektarianisme di depan bahaya Zionisme, sebagaimana dilansir portal berita Rai al-Youm.

Meshal mengakui adanya perselisihan antara pemerintah Teheran dan gerakan Hamas, namun dia mengingatkan bahwa perselisihan itu tak ada kaitannya dengan isu Palestina.

“Hubungan antara Hamas dan Teheran mengalami beberapa perselisihan yang tidak ada hubungan dengan Palestina, melainkan berkenaan dengan masalah Suriah. Perselisihan ini memang mempengaruhi hubungan kami, namun kami menegaskan keharusan menjaga hubungan dengan umat Islam, termasuk Iran,” paparnya.

Dia juga menjelaskan eratnya hubungan Hamas dengan Hizbullah. “Kami semua memerangi musuh Zionis dari front yang sama, dan kami menegaskan bahwa ketika semua bersatu maka kemenangan akan menjadi milik kita,” tuturnya.

Lebih jauh dia mengingatkan lagi bahwa perang di Gaza tidak akan berakhir kecuali disertai dengan penghapusan segala bentuk blokade Israel terhadap Gaza. Dia juga menegaskan keharusan pemerintah Mesir membuka pintu perbatasan Rafah. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL