lebanon nabih berriBeirut, LiputanIslam.com – Ketua parlemen Lebanon Nabih Berri menyatakan koalisi anti kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) memburu tujuan yang misterius terhadap Suriah. Dia bahkan mencurigai koalisi itu bermaksud mengoyak Suriah menjadi empat bagian.

“Tujuan koalisi anti ISIS antara lain menciptakan empat kawasan dengan sentimen suku dan mazhab di Suriah demi menjamin interes Israel,” katanya saat menerima kunjungan Sekretaris Dewan Tinggi Keamanan Nasional Iran, Ali Samkhani, di gedung parlemen Lebanon, Beirut, Selasa (30/9), sebagaimana dilansir IRNA.

Dia juga menyatakan bahwa umat Islam Ahlussunnah menentang keras faham dan aksi-aksi teror para takfiri karena jelas-jels bertentangan dengan ajaran Islam yang sejati.

“Ironis sekali, sekarang kelompok-kelompok teroris menggalang investasi dan pengembangan organisasinya dengan cara menyalah gunakan adanya kekecewaan warga di sebagian negara bermazhab Sunni,” lanjutnya.

Lebih jauh dia menyebut Republik Islam Iran sebagai negara yang menjadi sentral perlawanan terhadap kezaliman serta basis dukungan kepada negara-negara merdeka.

“Kubu yang berseberangan dengan kubu perlawanan ini sekarang sedang berupaya menciptakan kemacetan pada poros perlawanan yang membentang dari Teheran hingga Beirut,” tuturnya.

Di pihak lain, Ali Samkhani menegaskan urgensi negara-negara kawasan Timur Tengah untuk segera mengatasi segala faktor sosial yang menjadi sebab kemunculan dan suburnya kelompok-kelompok teroris.

Menurutnya, pemenang yang sesungguhnya di tengah instabilitas dan konflik di negara-negara Islam adalah Rezim Zionis Israel.

Mengenasi koalisi anti ISIS, dia mengingatkan masalah pelanggaran pasukan multinasional yang digalang Amerika Serikat ini terhadap kedaulatan Suriah.

“Negara-negara yang telah membantu kelahiran ISIS dengan suntikan dana, informasi dan politik telah melanggar undang-undang internasional dan kedaulatan negara-negara lain dengan dalih demi mengantisipasi ancaman terorisme,” katanya.

Samkhani berkunjung ke Lebanon selaku ketua delegasi politik dan keamanan Iran tiba di Lebanon Senin malam (29/9) untuk berunding dengan para pejabat Lebanon mengenai isu-isu regional. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL