Larijani2Teheran, LiputanIslam.com – Ketua parlemen Iran Ali Larijani mengakui negaranya telah membantu persenjataan Palestina, tetapi dalam bentuk transfer teknologi.

Dalam wawancara khusus dengan al-Alam Kamis (24/7) Larijani mengatakan bahwa di Palestina ada beberapa bentuk perang. “Satu perang dilancarkan Israel secara terbuka dengan membom dan membunuhi rakyat, menyerang rumah sakit, gedung-gedung sekolah dan pasar sebagaimana terjadi di kawasan Shejaiya,” ujarnya.

“Ada pula perang lain terjadi dalam bentuk blokade penduduk Gaza. Ini juga merupakan perang di mana Israel tidak memperkenankan bahan kebutuhan dan obat-obatan masuk ke sana,” imbuh Larijani.

Dia kemudian menjelaskan bahwa perang berikutnya ialah ketika Israel tidak memberikan kesempatan kepada bangsa-bangsa Muslim untuk bersatu membela Palestina. Menurutnya, cara ini dilakukan antara lain dengan mengobarkan perang di negara-negara Islam melalui aksi kelompok-kelompok ekstrimis. Bukannya menyerang musuh Islam, kelompok ini malah menyerang orang-orang Islam sendiri sehingga konsentrasi umat Islam terpecah, menjadi tidak fokus ke kasus Palestina, dan disibukkan oleh persoalan-persoalan sekunder.

Lebih lanjut Ketua Majelis Syura Islam Iran mengatakan bahwa bangsa Palestina sekarang sangat memerlukan senjata untuk membela diri, dan Iran telah membantu mereka memenuhi kebutuhan ini.

“Iran telah memberikan bantuan sejauh kemampuannya kepada bangsa Palestina. Ini merupakan kewajiban insani,” ungkap Larijani.
Dia menjelaskan bahwa bantuan itu diberikan dalam berbagai bentuk sehingga sekarang para pejuang Palestina dapat menyediakan persenjataannya secara mandiri.

“Dulu mereka sempat membutuhkan teknologi persenjataan, kami lantas membekali mereka teknologi. Sekarang mereka sudah menikmati teknologi itu secara mandiri,” jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal faksi Jihad Islam Palestina, Ramadan Abdullah Shallah, menyatakan apresiasinya kepada Iran atas bantuan dan dukungan negara republik Islam kepada para pejuang Palestina.

Apresiasi itu dia kemukakan dalam percakapan telefon dengan Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif. Pada kesempatan itu Zarif menegaskan kembali dukungan Irak kepada para pejuang Palestina dalam melawan agresi Rezim Zionis Israel terhadap rakyat Palestina di Jalur Gaza.

Abdullah Shallah memastikan kepada Zarif bahwa para pejuang Palestina tetap teguh dan solid membela bangsa Palestina serta berhasil meraih banyak prestasi besar dalam perjuangan kali ini. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL