ketua parlemen irak salim al-jabouriBaghdad, LiputanIslam.com – Ketua parlemen Irak Salim al-Jabouri menyatakan bahwa tindakan dan bantuan koalisi internasional anti terorisme di Irak mengecewakan.

“Para pejabat Irak telah memberitahukan kepada utusan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama bahwa koalisi internasional anti ISIS (Negara Islam Irak dan Suriah) pimpinan AS harus lebih banyak membantu Baghdad untuk mengalahkan para teroris yang masih menguasai beberapa kawasan di utara dan barat Irak,” katanya, sebagaimana dilaporkan Reuters, Kamis (15/1/2015).

Dia menambahkan, “Sampai sekarang kami merasakan bahwa bantuan dunia masih belum memuaskan. Masyarakat dunia memang berperan besar dalam menyampaikan pesan keharusan solidaritas untuk rakyat Irak yang berperang melawan terorisme, tapi secara operasional dan kondisi lapangan rakyat dan pemerintah Irak selalu mengandalkan kemampuannya sendiri.”

Sementara itu, lembaga pemberitaan Irak Baratha mengutip pernyataan seorang pejabat keamanan Irak melaporkan bahwa sebanyak 23 anggota ISIS, dua antaranya warga Arab Saudi dan Yaman, tewas di provinsi Anbar dan Diyala.

“Pasukan keamanan dan relawan Irak dalam dua operasi terpisah pada hari Kamis berhasil menghabisi 23 teroris anggota ISIS,” kata pejabat yang disebutkan namanya itu.

Dia menjelaskan bahwa 11 teroris, 2 di antaranya asal Saudi dan Yaman, tewas ketika kawanan ISIS mencoba menyerang untuk menguasai sebuah bendungan irigasi di kawasan al-Adim, provinsi Diyala, di bagian timur laut Irak.

Laporan itu juga menyebutkan bahwa enam teroris tewas di tangan pasukan keamanan yang dibantu relawan di kawasan al-Sijariyah di timur kota Ramadi, dan enam teroris juga menemui ajalnya di kawasan al-Houz dan Afsaran di kata Ramadi, ibu kota provinsi Anbar. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*