isis-umumkan-kematian-menteri-informasinyaBaghdad, LiputanIslam.com –  Pemimpin dewan perang kelompok teroris ISIS tewas terkena serangan udara dalam operasi besar-besaran yang dilancarkan pasukan Irak untuk pembebasan kota Mosul, Irak utara, Minggu (6/11/2016). Demikian diumumkan tentara Irak.

War Media Cell yang berafiliasi dengan militer Irak dalam pernyataannya melalui televisi pemerintah menyatakan bahwa pemimpin dewan perang ISIS Mahand Hamid Ibrahim al-Akalat alias Abu Aisyah al-Bailawi tewas bersama sejumlah asistennya terkena serangan udara di kawasan Yarmajah, Mosul timur.

Tidak dijelaskan serangan udara itu berasal dari pasukan Irak sendiri atau dari pasukan koalisi pimpinan Amerika Serikat.

Sumber Irak lainnya menyebutkan bahwa pasukan Irak terus bergerak maju mendesak ISIS dan berhasil merebut tiga lagi desa di sekitar Mosul serta membunuh 13 anggota ISIS

Irak memulai operasi pembebasan Mosul sejak 17 Oktober lalu dengan mengerahkan 45,000 pasukan yang terdiri atas tentara, polisi, relawan Syiah al-Hasdh al-Shaabi, relawan Sunni Haras Nineveh, dan pasukan Kurdistan, Peshmerga.

Dilaporkan bahwa sejauh ini sekira 2000 anggota ISIS sudah menemui ajalnya diterjang operasi pembebasan Mosul yang dilancarkan pasukan Irak sejak 17 Oktober lalu.

Bandara Tal Afar Terkepung

Sekjen Brigade Sayyid al-Syuhada’ Abu Ala’ al-Wilayani dalam statetemnnya menyatakan pihaknya bersama kelompok-kelompok mitranya yang tergabung pasukan relawan al-Hashd al-Shabbi telah mengepung bandara Tal Afar yang berjarak 8 km dari kota ini.

Kabur Menuju Suriah

Sumber Irak menyatakan sejumlah anggota ISIS asal Irak, negara-negara Arab, dan lain-lain bergerak bersama keluarga mereka meninggal kota Anah di bagian barat provinsi  Anbar.

Disebutkan bahwa mereka kabur menuju kota Qaim. Kota kecil yang berada di wilayah perbatasan Irak-Suriah  ini diduduki ISIS sejak 2014, dan pasukan Irak kini bersiap-siap untuk membebaskan kota ini. (mm/anadolu/alsumarianews/irna)

DISKUSI:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL