"بلاك ووتر" تقرر الإنسحاب من تعز اثر تكبيدها خسائرSanaa, LiputanIslam.com – Perusahaan jasa keamanan Blackeater yang bermarkas di Amerika Serikat memutuskan untuk menarik pasukannya dari Taiz, tempat mereka menjalankan misi perangnya dengan gaji dan dana Arab Saudi dan Uni Emirat dan dengan label “Kewirausahaan Internasional untuk Pembebasan Taiz”.

Al-Alam, Rabu (10/2), menyebutkan bahwa keputusan itu diambil setelah pasukan bayaran itu banyak menelan pil pahit dalam berhadapan dengan pasukan militer Yaman yang didukung oleh paramiliter komite-komite rakyat negara ini.

Pil pahit terbaru yang mereka telan adalah terbunuh dan terlukanya beberapa anggota Blackwater di distrik Amri serta kaburnya mereka dengan menggunakan perahu-perahu yang mereka rampas dari para nelayan.

Dalam beberapa hari terakhir ini pasukan militer Yaman dan komite-komite rakyat berhasil membebaskan banyak kawasan, termasuk barisan pegunungan di distrik Amri, hingga mencapai distrik Dabab, pusat adimistrasi Bab al-Mandab, provinsi Taiz, di bagian barat daya Yaman. Mereka berhasil memutuskan jalur suplai pasukan musuh di bagian selatan kawasan itu serta memperkatat kepungan terhadap pasukan musuh, termasuk pasukan Blackwater.

Kantor berita Khabar menyebutkan beberapa orang tewas disergap pasukan Yaman dalam pertempuran di selatan Dabab, dan kontak senjata secara terputus-putus masih berlanjut dalam proses penyisiran kawasan itu oleh pasukan Yaman.

Kantor berita Yaman Saba menyatakan bahwa Blackwater memutuskan untuk keluar dari Taiz setelah mengalami “kerugian telak”. Disebutkan bahwa dalam kasus terbaru tak kurang dari tujuh anggota mereka tewas dan 39 lainnya luka-luka. Selain itu tiga anggota mereka asal Kolumbia, Venezuela dan Australia hilang.

Pasukan Yaman menyebutkan daftar nama anggota Blackwater yang tewas serta beberapa negara asal mereka, yaitu Ukraina, Kolombia, Chili, Kolombia, Australia, dan Venezuela.

Menurut Saba, para petinggi keamanan dan militer Uni Emirat Arab lantas lantas mengadakan kunjungan mendadak ke Aden, dan kemudian sebanyak lima unit pesawat disiapkan untuk mulai menarik pasukan bayaran Blackwater dari Yaman. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL